Lamurionline.com--Blangpidie  - Usman (60), petugas kebersihan Kota Blangpidie, Kabupaten Aceh Barat Daya, mengaku sangat gembira, karena mendapat hadiah umrah.
     
"InsyaAllah, nanti kalau Allah mengizinkan, begitu sampai ke Mekkah, doa pertama saya untuk Bupati Jufri Hasanuddin," ungkap Usman, warga Desa Mata Ie di Blangpidie, Senin.
     
Petugas kebersihan harian lepas itu mengakui, selama ini hanya bekerja dengan ikhlas dan tulus membersihkan kota dengan mengharapkan upah untuk kebutuhan rumah tangga dan tidak pernah mengharapkan imbalan lebih, apalagi minta bonus umrah.
     
"Saya terkejut sekali ketika Bapak Bupati Jufri Hasanuddin menyampaikan bahwa saya terpilih sebagai petugas terbaik dan
mendapat bonus umrah tahun ini," ungkapnya gembira.
     
Bapak 5 anak ini sebelumnya tidak pernah bermimpi kalau dirinya terpilih sebagai petugas kebersihan terbaik dalam rangka HUT ke-13 Kabupaten Abdya. Selain sudah tua juga masih banyak petugas kebersihan lain yang masih berusia muda.
     
"Setelah saya mendengar pengumuman nama-nama itu, saya langsung pulang rumah memberitaukan pada anak dan istri tentang saya bakal dibawa umrah oleh pemerintah,  mereka langsung menangis karena sangat gembira," ungkap Usman terbata-bata.
     
Petugas kebersihan ini juga mengaku, setelah mendengar nama dirinya bakal diberangkatkan ke Tanah Suci, malam itu
juga tidak bisa tidur dengan nyenyak, selain tidak memiliki uang saku, juga takut Kota Blangpidie bakal kotor.
     
"Tidak bisa tidur, karena saya memikir, jika saya berangkat umrah, siapa yang bakal membersihkan kota, karena saya tidak mau kota saya ini dilemuri oleh sampah-sampah," ungkapnya.
     
"Sejak 2007 tiap pagi usai sholat subuh saya selalu membersihkan semua sudut kota termasuk saluran dan drainase, sampah-sampah itu saya sapu di atas badan jalan dengan tujuan utama agar Kota Blangpidie terlihat bersih dan rapi," tuturnya
     
Usman berharap, program umrah bagi masyarakat tidak mampu di Kabupaten Abdya dapat dilanjutkan pada tahun-tahun mendatang, karena dengan program tersebut, para masyarakat lemah seperti dirinya dapat terbantu.
     
"Terimakasih Pak Bupati, semoga rekan-rekan saya seprofesi tahundepan diberangkatkan juga ke Tanah Suci, karena kehidupan kami para petugas kebersihan cukup sedih pak," tutur Usman.
     
Sebelumnya, Pemkab Abdya telah mengumumkan sebanyak 6 petugas terbaik yang terdiri dari tenaga harian lepas, PNS terbaik dan tenaga kontrak non PNS meraih hadiah ibadah umrah tahun 2015 dengan menggunakan anggaran APBK.
     
"Panitia menilai integritas petugas, masa pengabdian kerja, tidak pernah dikenakan sanksi, paham terhadap tugas pokok dan fungsinya, bertangungjawab terhadap tugas yang diemban dan menjadi panutan sesama petugas," kata Edy Daryanto kepala BKPP Abdya.
    
Edy menyebutkan, keenam petugas terbaik itu masing-masing, Usman, pekerja harian lepas dinobatkan sebagai petugas kebersihan berprestasi, Firnanda Hadi tenaga kontrak non PNS, Aniswardi petugas Satpol PP dan WH Non PNS, Rusnawati petugas paramedis PNS, Siti Mukmin guru sekolah PNS dan Adenan Camat Kecamatan Blangpidie.
     
Hadiah umrah dalam rangka HUT Kabupaten Abdya diumumkan langsung oleh Bupati Jufri Hasanuddin di sela-sela acaraIsra Mikraj Nabi Muhammad SAW  yang berlangsung di halaman kantor Bupati di Blangpidie, Jum’at malam.
     
Sementara itu, Kepala LHKP Abdya Indra Sukma mengatakan, Pemkab Abdya memberikan penghargaan perorangan atas dasar
prestasi dan keikhlasan seorang petugas kebersihan kota.
     
"Profesi ini yang sering kita abaikan, sebenarnya sangat berperan penting dalam siklus hidup sebuah kota, karena para petugas kebersihan ini bekerja tanpa kenal waktu disaat dipagi buta," katanya.
     
Ia menambahkan, dengan udara yang sangat dingin yang menusuk kulit para petugas ini mulai berjibaku dengan sampah-sampah yang berserakan hampir setiap sudut kota.
     
Untuk tahun 2015 ini Pemkab Abdya memberi bonus umrah untuk petugas kebersihan terbaik, sehingga apa yang mereka dapatkan dari pemerintah bisa sebanding dengan pekerjaan mereka.
     
"Terimakasih buat Bapak Bupati Jufri Hasanuddin," ungkap kepala Badan LHKP Abdya. (ANTARA Aceh)


SHARE :

0 facebook:

Post a Comment

 
Top