Model-Model Pendidikan Alternatif di Berbagai Negara (27) La Escuela Fratney (Bagian 1 dari 13)

Ini adalah tulisan pertama dari tiga belas seri yang akan membahas tentang sekolah bernama La Escuela Fratney, di Milwaukee, Negara Bagian W i s c o n s i n , A m e r i k a S e r i k a t . Sebagaimana namanya, La Escuela Fratney adalah sebuah model sekolah yang menggunakan dua bahasa dalam pengajarannya, yaitu Spanyol dan Inggris. Sekolah La Escuela Fratney (selanjutnya disingkat Fratney saja) adalah sekolah multi-etnik yang mempunyai tingkatan kelas dari taman kanak-kanak (K4) sampai kelas 5 (Grade 5) pendidikan dasar. 

Total jumlah pelajar di semua tingkatan sekitar 400 anak. Di sekolah ini, orang tua murid, staff sekolah dan anggota masyarakat berperan aktif dalam menyediakan pendidikan yang bermutu tinggi bagi anak-anaknya. Ada beberapa komponen penting yang menjadikan sekolah Fratney ini menarik untuk dikaji. Yang pertama adalah konsep dua bahasa dalam pengajarannya (Dual Language Program). 

Dengan adanya program ini, pendaftaran dan seleksi masuk siswa langsung dilakukan di sekolah. Sejak awal tahun ajaran sekolah dimulai, anak- anak langsung diajarkan dengan dua bahasa, yaitu Spanyol dan Inggris. Porsi untuk kedua bahasa ini diupayakan seimbang. Sekolah Fratney mempunyai koleksi buku yang mencukupi sehingga anak-anak bisa belajar membaca dalam dua bahasa tersebut. Mereka diajarkan kemampuan membaca dalam lingkungan yang kaya akan bahan-bahan ajar dengan tujuan utama mengembangkan potensi mereka menjadi pelajar sepanjang masa (lifelong learners). 

Yang kedua adalah filosofi sekolah yang menekankan pendidikan multicultural dan anti-rasis. Budaya dan latar belakang yang berbeda dari setiap anak dan keluarga mereka di Fratney dianggap sebagai sebuah kekuatan sekolah. Oleh karena itu, kurikulum juga di desain khusus untuk memenuhi kebutuhan anak yang berbeda- beda sesuai dengan latar belakang budaya yang mereka miliki. Pihak sekolah dan keluarga mempunyai komitmen yang tinggi dalam mewujudkan filosofi pendidikan multicultural ini. Mereka membentuk manajemen khusus seperti School Council, Learning Team, Building/Steering Committee, Curriculum- Based Committee, dan Grade Level Teams. Keluarga terlibat langsung dalam proses belajar anak-anak mereka, baik di dalam maupun di luar kelas seperti kegiatan field trip, presentasi dan kegiatan sekolah lainnya. Bahkan sekolah menyediakan fasilitas khusus bernama “state-of-the-art” yang memberikan ruang dan kesempatan kepada pihak keluarga membantu pencapaian akademik dan pertumbuhan anak-anak mereka. Suasana belajar mengajar di dalam kelas di sekolah La Escuela Fratney

Visi Sekolah Dengan konsep multicultural, multi-bahasa, dan lingkungan yang anti- rasis, sekolah La Escuela Fratney adalah tempat yang aman dan menyenangkan bagi anak, staff, keluarga dan masyarakat. Yang menariknya adalah di Fratney keluarga dianggap sebagai guru pertama bagi anak-anak mereka. Oleh karena itu, kewajiban untuk membantu dan menjaga anak adalah tanggung jawab utama orang tua. 

Konsep pendidikan yang diterapkan tidak hanya terbatas dalam ruang kelas saja (four concrete walls). Namun pendidikan juga berlangsung dalam keluarga dan masyarakat. Bahkan sekolah Fratney juga dianggap bagian dari komunitas Riverside secara luas di kota Milwaukee. Kurikulum yang diterapkan sebenarnya sangat ketat dan mempunyai standard yang tinggi. Namun proses belajar mengajarnya sangat memperhatikan latar belakang anak dengan konsep partisipasi (participatory) dan pengalaman (experiential), kritikal serta menyenangkan dan mempunyai visi jauh ke masa depan. Standard yang tinggi tersebut di dukung oleh staff yang b e r p e n d i d i k a n t i n g g i d a n professional. Mereka adalah model guru yang Paulo Freire gambarkan seperti, “bagian dari mimpi mereka adalah hidup di semesta alam pendidikan” (live part of their dreams in their educational space). Dengan konsep pengajaran berpikir kritis dan anti-kekerasan, sekolah Fratney berupaya mempersiapkan pemimpin- pemimpin masa depan yang bermoral dan berkualitas.

Bibliography : 

La Escuela Fratney. Retrieved May 9, 2 0 1 5 f r o m http://www5.milwaukee.k12.wi.us/s chool/fratney/. Peterson, R. (1993). 

Creating a school that honors the traditions of a culturally diverse student body: La Escuela Fratney. In Gregory, A. S. (Ed.), Public Schools That Work: Creating Community, (pp. 45-67). New York, NY: Routledge. 

© AF (Gombak: 12.05.2015, 8:15 p.m.)
SHARE :
 
Top