Tampak sesosok wajah dengan kaos hitam yang melekat ditubuhnya dibasahi keringat karena udara pagi itu begitu menyengat kulit, dengan nafas tersengal-sengal pria itu tengah asyik berlari di lapangan kebanggaan warga Banda Aceh. 

Tempat itu dikenal dengan nama lapangan blang padang. Sebuah lapangan yang di sulap menjadi lapangan yang penuh dengan berbagai macam fasilitas olahraga. Terletak tepat di dijantung Kota Banda Aceh. Lapangan yang diperuntukkan sebagai ruang terbuka hijau yang didalamnya terdapat fasilitas olahraga yang lengkap. 

Selain tempat latihan bagi para anggota TNI-AD Kawasan Blang Padang kini juga ramai dimanfaatkan sebagai tempat olahraga pagi dan sore oleh warga Kota Banda Aceh baik anak sekolah maupun masyarakat umum untuk berolahraga baik bersama teman maupun keluarga. Disebelah barat tepatnya didepan mushala Arafah blang padang terdapat batu-batu kerikil untuk refleksi bagi para dewasa atau lanjut usia yang mempunyai keluhan penyakit reumatik bisa datang untuk sekedar berjalan-jalan diarea refleksi kaki tersebut. 

Sebagian sekolah juga memanfaatkan fasilitas olahraga yang tersedia seperti lapangan voli, bola kaki, basket, tennis, sepak takraw. Menurut keterangan Intan Kuratul Aini siswi Kelas XI Ipa 4 SMAN 1 Banda Aceh Siswa-siswi SMAN 1 Kota Banda Aceh rutin menggunakan fasilitas olahraga dilapangan blang padang seperti lapangan basket, futsal, tennis dan voli, pemanasannya dilakukan di area sekolah lalu dilanjutkan praktek olahraga yang akan diarahkan oleh guru orkes ke fasilitas olahraga yang ada dilapangan blang padang. 

Tak hanya siswa-siswi SMAN 1 Kota Banda Aceh yang memanfaatkan fasilitas olahraga di lapangan blang padang tetapi siswa-siswi SMPN 17 Kota Banda Aceh yang terletak tepat didepan lapangan blang padang juga sering mempergunakan lapangan tersebut untuk kegiatan olahraga. Very Kurniawan seorang wiraswasta yang rutin berolahraga pagi di jogging track lapangan blang padang berpendapat “Sekitar jam 09.00 pagi saya selalu meluangkan waktu untuk lari pagi dalam satu hari kira-kira saya jogging 4 putaran, matahari pagi sangat baik bagi kesehatan tubuh. Lari pagi merupakan olahraga yang paling murah dan mudah dibandingkan dengan olahraga lain yang membutuhkan fasilitas khusus.” ungkapnya. 

Kini fasilitas olahraga dijantung Kota Banda Aceh itu kian dibenahi. Ditaman bagian utara tampak beberapa bata dan sebuah mobil beko yang sedang bekerja untuk merampungkan pembuatan lapangan tennis dan dibagian selatan lapangan blang padang juga sedang dilakukan pembuatan lapangan voli. Menurut keterangan Bang Jhony (30) salah seorang pemegang proyek lapangan voli yang terletak disebelah pesawat RI-01. “Saat ini kami sedang terlibat dalam proyek pengerjaan pembuatan lapangan bola voli yang lokasinya berada didepan pesawat RI-01.” Ungkapnya. 

Lapangan blang padang juga dipergunakan untuk peringatan acara hari besar keagamaan, hari kenegaraan, pameran, expo, serta pentas seni. Tetapi ada pemandangan yang mengurangi keindahan lapangan blang padang, disudut Lapangan Blang Padang bersebelahan pesawat RI-01 tampak beberapa helai potongan pakaian warga yang dijemur di hamparan padang rumput lapangan blang padang. 

Hal ini tentu saja sangat mengganggu estetika dan keindahan lapangan blang padang. Satu lagi sejarah yang yang diabadikan di lapangan blang padang yaitu Monumen Thank’s to The World yaitu monumen yang menandakan bahwa Rakyat Aceh selalu ingat akan peristiwa Maha dasyat gempa dan tsunami serta rasa terima kasih kepada Negara-negara yang sudah banyak membantu pembangunan di Aceh pasca Tsunami Aceh 2004 yang silam. Bentuknya seperti gambaran gelombang Tsunami ataupun ombak yang sangat besar. Monumen ini juga akan menjadi bukti sejarah sepanjang masa agar penerus dimasa depan ikut dan turut mengenangnya sebagai sejarah besar. 

 Yang menarik di lapangan blang padang bukan hanya fasilitas olahraga yang lengkap serta hamparan rumput hijau dan jajaran pohon yang membuat kawasan ini semakin teduh tetapi juga street food atau pedagang jajanan aneka menu berkumpul disini. Di Blang Padang kita bisa menikmati aneka suguhan minuman segar, mulai dari Es Kelapa Muda, Sup Buah segar dan aneka macam minuman lainnya. Disana juga terdapat ragam makanan ringan yang bisa di coba seperti Batagor, Rujak, Mie Aceh, Martabak, Siomay dan masih banyak lagi. Semua makanan ini bisa dinikmati dengan harga yang sangat terjangkau. Maka tidak heran banyak warga dari segala usia menjadikan kawasan ini sebagai tempat favorit untuk disinggahi. (Erlisa)
SHARE :
 
Top