ads1

Lamurionline.com--Banda Aceh : Tim Badan Hisab Rukyat (BHR) Kantor Wilayah Kementerian Agama Aceh mengukur arah kiblat Mushalla di Gampong Meunasah Papeun Kecamatan Krueng Barona Jaya Kab. Aceh Besar, Kamis 08/10/2015. Tim kalibrasi kiblat ini di dipimpin langsung oleh Kasi PHPS Sinfo Kanwil Kemenag Aceh Ust. Muzakkir, S. Ag dan didampingi oleh Faisal Yahya, S. HI dan Syarifuddin, SE dari tenaga Ahli BHR Kanwil Kemenag Aceh. Kehadiran tim disambut langsung Geuchik Gp. Meunasah Papeun, Imam dan tokoh masyarakat setempat.
Anggota Tim BHR Aceh Faisal menjelaskan bahwa proses pengukuran menggunakan Theodolit berjalan dengan lancar walaupun harus mengulang dua kali dikarenakan pada saat pertama sinar lasernya terhalang oleh tiang didalam meunasah sehingga tidak memungkinkan menarik garis shaf di bagian depan.
“Alhamdulillah lancar, matahari juga terang, cuma tadi masyarakat meminta agar ditarik garis shaf didepan biar mudah di ikuti, sedangkan pada saat perhitungan pertama, sinarnya tidak sampai kedepan, ya kita lakukan sekali lagi, Alhamdulillah lancar,” ungkap Faisal.
Ia juga menjelaskan dalam pengukuran arah kiblat ini sangat diperlukan ketelitian agar tidak bergeser “Perlu ketelitian yang tinggi untuk mengukur arah kiblat, sehingga tidak bergeser, karena satu derajat saja selisih maka akan bergeser ratusan kilometer dari Ka’bah,” jelas Faisal.
Setelah proses pengukuran selesai, seperti biasa Tim BHR memberi tanda pada hasil pengukuran dengan menarik garis Arah Kiblat dan Garis Shaf sebagai tanda untuk memudahkan panitia dalam pengaturan shaf.
(Rel Nas | DM) -LintasGayo.co

SHARE :
 
Top