Melalui Milad Media LAMURI Yang Ke-10 Kami Terus Berbenah Untuk Berbagi Informasi Kepada Pembaca (15 Juli 2010 - 15 Juli 2019) Gubernur Aceh: Budayakan Shalat Subuh Berjamaah - Lamuri Online
Loading...

Lamurionline.com--Banda Aceh –  Gubernur Aceh, dr. Zaini Abdullah mengajak seluruh masyarakat untuk bersama-sama memakmurkan masjid dengan melaksanakan shalat berjamaah lima waktu, terutama di waktu subuh.
“Marilah kita mengajak keluarga, saudara, kerabat, sahabat, maupun tetangga di lingkungan kita untuk bersama-sama melaksanakan shalat subuh sebagaimana  perintah Allah kepada hambaNya,” ujar Gubernur saat mengikuti Safari Subuh BBC (Brotherhood Badminton Club) bersama ribuan jamaah lainnya di Masjid Agung Al-Makmur Lampriek Banda Aceh, Minggu (10/1). 
Dalam sambutannya, Gubernur Zaini menyampaikan beberapa nasihat kepada jamaah yang hadir tentang keutamaan melaksanakan solat subuh, dimana dalam Surat Al-Isra’ Ayat 78, Allah berfirman yang artinya “Dirikanlah shalat dari sesudah matahari tergelincir sampai gelap malam dan (dirikanlah pula shalat) subuh. Sesungguhnya shalat subuh itu disaksikan oleh Malaikat.”
“Sungguh luar biasa keistimewaan shalat subuh, namun sayangnya banyak kaum muslimin yang lalai dalam mengerjakan shalat subuh. Jika kita melihat jumlah jama’ah yang shalat subuh di masjid, akan terasa berbeda dibandingkan dengan jumlah jama’ah pada waktu shalat lainnya,” kata Gubernur.
Kendati demikian, Gubernur mengaku senang melihat semakin hari semakin bertambah banyak jamaah yang hadir pada kegiatan Safari Subuh BBC tersebut. “Alhamdulillah jamaah shalat subuh yang kita laksanakan ini luar biasa jumlah jama’ahnya, semoga ditempat lain bisa dilaksanakan kegiatan serupa agar masjid-masjid di Aceh bertambah makmur,” harap Gubernur.
Manfaat solat subuh berjamaah
Menurut Gubernur, selain diwajibkan oleh Allah SWT, solat subuh memberikan banyak manfaat kepada manusia baik dari aspek kesehatan maupun sosial. “Salah satu dari manfaat shalat subuh adalah ianya mampu menormalkan kinerja saraf dan otak, di dukung dengan kondisi pagi hari memiliki kadar ozon (O3) yang cukup tinggi sehingga mampu membantu kinerja saraf dan otak, serta mengurangi penyumbatan pembuluh darah yang mengakibatkan terjadinya serangan jantung,” ujarnya.
Gerakan-gerakan yang dilakukan pada pagi hari saat melaksanakan shalat subuh menurut Gubernur yang juga berprofesi sebagai seorang dokter ini, dapat memberikan efek yang baik bagi kebugaran tubuh, terutama bagi orang-orang yang mempunyai sedikit waktu untuk berolahraga secara teratur.
Tambahnya lagi, shalat subuh juga memiliki manfaat yang mengejutkan, yakni berpotensi membawa kita menuju kesuksesan dalam hidup. “Sebab saat pagi hari sampai datangnya fajar adalah waktu dimana pintu-pintu rezeki dibuka lebar oleh Allah SWT,” kata dr. Zaini.
Selain itu menurut Gubernur, shalat subuh juga memberikan manfaat yang luar biasa dalam membina silaturrahmi antara masyarakat dan dipermempermudahkan rezeki oleh Allah SWT kepada hambaNya yang melaksanakan shalat subuh berjamaah.
“Ada nuansa baik yang terbangun diantara para jamaah yang baru akan memulai harinya, minimal dengan bertanya kabar, dan berlanjut pada eratnya kebersamaan dan persaudaraan. Di sinilah di antara peluang pintu-pintu rezeki akan terbuka,” tegas dr. Zaini.
Sebagai seorang manusia dan hamba Allah SWT, kata dr. Zaini, pada prinsipnya pasti senang kalau lapang rizkinya minimal mencukupi kebutuhan diri sendiri dan keluarganya serta berbagi sesama ummat yang membutuhkannya.
“Oleh karenanya, setelah melaksanakan shalat subuh yang memang terkadang kita merasa masih mengantuk dan ingin melanjutkan tidur sejenak, maka usahakanlah sebisa mungkin menahan diri untuk melanjutkan tidur. sebaliknya sangat dianjurkan untuk melanjutkan kegiatan setelah shalat tersebut dengan berzikir, berdoa dan membaca Al-Quranul Karim.
“Mari terus kita memakmurkan masjid-masjid dimanapun kita berada termasuk mengajak keluarga, sahabat dan rekan-rekan kita sekalian, Insya Allah, Allah SWT senantiasa meridhai usaha dan amal kita bersama. Amin Ya Rabbal’Alamiin,” pungkas Gubernur.
Shalat subuh berjamaah bersama Tim Safari Subuh BBC tersebut turut dihadiri oleh Kepala Satuan Pemerintah Aceh, perwakilan dari unsur Forkompinda dan beberapa perwakilan lainnya dari instansi terkait. Humas Aceh | 11-1-2016
SHARE :
 
Top