Innalillahi wa inna ilaihi raji’un. Umat Islam kembali kehilangan salah seorang ulama. Mantan imam besar Masjid Istiqlal, KH Ali Mustafa Ya’qub wafat pagi ini, Kamis (28/4/2016).

Pengasuh Pesantren Darussunnah, Ciputat, Tangerang Selatan ini wafat pada jam 6 pagi, di Rumah Sakit Hermina, Ciputat.

KH Ali Mustafa Ya’qub lahir di Batang, Jawa Tengah pada 2 Maret 1952. Ia mulai masuk pesantren sejak usia SMP. Yakni di Pondok Seblak Jombang. Kemudia ia nyantri lagi di Pesantren Tebuireng Jombang. Selain aktif di pondok pesantren, Ali Mustafa Ya’qub juga menempuh pendidikan di Fakultas Syariah Universitas Hasyim Asy’ari.

Pada tahun 1976, Ali Mustafa Ya’qub melanjutkan ke Fakultas Syariah Universitas Islam Imam Muhammad bin Saud, Riyadh, Arab Saudi hingga mendapatkan gelar Lc pada tahun 1980. Lalu lulus Master di Universitas King Saud pada 1985.

Setelah pulang ke tanah air, Ali Mustafa Ya’qub menyebarkan ilmunya dengan menjadi dosen di banyak perguruan tinggi Islam termasuk IAIN Syarif Hidayatullah. Pada tahun 1989, bersama keluarganya, Ali Mustafa Ya’qub mendirikan Pesantren “Darus-Salam” di desa kelahirannya.

Ali Mustafa Ya’qub kemudian menjadi Imam Besar ke-4 Masjid Istiqlal Jakarta sejak Desember 2005 hingga tahun Januari 2016. [Ibnu K/Tarbiyah.net]


http://www.tarbiyah.net/2016/04/innalillah-mantan-imam-besar-masjid.html
SHARE :
 
Top