ads1

Lamurionline.com--Banda Aceh, 29 April 2016 Intitute Seni Budaya Indonesia (ISBI) Aceh melakukan pertemuan Audiensi dengan Majelis Adat Aceh (MAA) untuk menjalin hubungan siraturrahim.  
Dan rombongan diterima oleh Ketua  Majelis Adat Aceh  H. Badruzzaman Ismail, SH. M.Hum  di Ruang Duek Meusapat, dan di dampinggi oleh kedua wakilnya Drs.  H. A. Rahman Kaoy,  Syamsuddin Daud, SH, M.Hum , Kepala Sekretariat  Majelis Adat Aceh Drs. Syaiba Ibrahim,  Pemangku Adat  Adat (Asnawi Zainun, SH),  Pemangku Adat, (Dr. Asnah Husin, MA), bidang Hukum Adat (Miftahuddin Cut Adek, SH, M.Si), bidang Putroe Phang (Dra. Hj. Zulhafah Luthfi, MBA, M.Si), bidang Putroe Phang (Hj. Cut Ismi)Kepala Bagian Umum (Drs. Yusriadi, M.Si), Kepala Pendataan dan Dokumentasi (Drs. Mardiani), Kepala Bagian Perencanaan dan Evaluasi (Sanusi M. Syarif, SE, M. Phil), Subbag kepegawaian (Khairul Anshar, S.Sos)dan staf Sekretariat MAA
Drs. H. Anwar Idris, MM yang merupakan pimpinan dari rombongan dalam kunjungan tersebut menyampaikan ada 4 provinsi yang dijadikan sebagai pusat pendidikan seni budaya Indonesia yaitu  Aceh, Papua, Kalimantan dan Sulawesi. Konsep ISBI merupakan pengembangan  seni budaya lokal di masing-masing provinsi di indonesia. proses pendiriannya akan dibantu oleh Intitute Seni Indonesia (ISI).


Drs. H. Anwar Idris, MM  menyatakan lahan yang disiapkan  oleh Pemerintahan Kabupaten Aceh Besar untuk pembangunan Intitute Seni Budaya Indonesia Aceh sekitar kurang lebih 33 hektar yang berada di kabupaten  Aceh besar tepatnya di Kota Jhanto. ISBI  untuk sekarang mempunyai 3 Fakultas  dan 9 Program Studi (prodi) diantaranya :
Fakultas Seni Pertujukan (FSP)
Program Studi
Seni Musik Nusantara
Seni Tari
Seni Teater
Fakultas Seni Rupa & Desain (FSRD)
Program Studi
Seni Murni
Seni Kriya
Desain Komunikasi Visual
Fakultas Budaya (FB)
Program Studi
Sastra Indonesia
Kuliner
Desain Busana
Dan juga menjelaskan visi ISBI yakni mewujudkan lembaga pendidikan tinggi seni dan budaya yang menghasilakan insan akademis, kreatif, mandiri, berkepribadian dan berkebudayaan melayu.
Sedangkan, misinya diantaranya yakni menyelenggarakan pendidikan yang bermutu dan menghasilkan lulusan yang bermoral, berintergritas tinggi menuju masyarakat kreatif serta humanis sesuai dengan nilai-nilai sosial,kultural dan religius.mengembangkan semangat penelitian dan pengabdian yang berorientasi kepada kepentingan serta kemajuan bangsa dan Negara.
Ketua Majelis Adat Aceh H.Badruzzaman Ismail, SH, M.Hum menyampaikan bahwa kunjungan Kohormatan dari Intitute Seni Budaya Indonesia (ISBI) Aceh, merupakan  kebanggaan bagi Majelis Adat Aceh karena  apa yang disampaikan oleh  Drs. H. Anwar Idris, MM, semua  ialah hal- hal yang berkaitan dengan pelestarian Seni Budaya Aceh Khususnya, kita juga berbangga  karena Intitute Seni Budaya Indonesia (ISBI) Hanya ada 4 di indonesia  dan itu ada pada kita yaitu Aceh. dengan ada nya ISBI  di Aceh yang telah  melahirkan 3 fakultas dan 9 prodi dapat mencetak para seniman sebagai generasi penerus seni budaya Aceh.
Dalam pertemuan tersebut  antara Intitute Seni Budaya Indonesia (ISBI) Aceh dan Majelis Adat Aceh akan mendalami dan  akan  kerjasama dalam butiran MoU nantinya.
(report By Mukhlis M, S.Kom)
http://maa.acehprov.go.id/?p=836
SHARE :
 
Top