ads1

Lamurionline.com--Banda Aceh : Wali Kota Banda Aceh Hj Illiza Sa’aduddin Djamal membuka secara resmi Festival Qurani II antar gampong se-Kecamatan Kuta Alam di halaman Masjid Al-Furqan, Gampong Beurawe, Sabtu malam, 30 April 2016.

Acara yang diselenggarakan oleh Dinas Syariat Islam (DSI) Kota Banda Aceh bekerjasama dengan Remaja Masjid Al-Furqan dalam rangka memperingati Isra Mikraj 1437 H ini, akan berlangsung hingga 7 Mei mendatang. Malam terakhir sebagai puncak acara akan diisi dengan dakwah islamiyah oleh Tgk H Yusri Puteh.
Mengangkat tema “Mengenang Kisah, Mengambil Hikmah”, 160 peserta yang mengikuti ajang tahunan ini akan bersaing untuk menjadi yang terbaik dalam lima cabang perlombaan yakni Tahfiz Juz 29 dan 30, Tilawah Al-Quran, Kaligrafi, Pidato Bahasa Indonesia, dan Cerdas Cermat.
Dalam sambutannya, Wali Kota Illiza menyebutkan Pemko Banda Aceh mempunyai komitmen yang tinggi terhadap penegakan Syariat Islam dan mengembangkan syiar Islam, salah satunya dengan penyelengaraan Festival Qurani II Antar Gampong Se-Kecamatan Kuta Alam ini.
“Syiar Islam dalam pelaksanaan Syari’at Islam sangatlah penting, karena dengan syiar Islam-lah maka ajaran Islam akan terus eksis, hidup dan semarak, sehingga dengan sendirinya dapat menciptakan suasana dan lingkungan yang Islami,” katanya.
Ia juga mengucapkan rasa syukurnya melihat antusiasme para peserta dan warga yang hadir pada acara tersebut. “Malam ini menjadi bukti masyarakat Kota Banda Aceh begitu mencintai Al-Quran. Budaya seperti ini harus kita lestarikan, karena dapat menimbulkan semangat masyarakat untuk mempelajari, mengamalkan, dan mengajarkan Al-Quran.”
Beurawe sebagai salah satu pilot project Gampong Syariah di Banda Aceh, sambung Illiza, harus benar-benar menjadi contoh dan teladan bagi gampong lainnya, baik dalam hal ibadah kepada Allah SWT maupun muamalah. “Yang paling penting bukanlah kegiatan-kegiatan yang bersifat seremonial belaka, tapi membentuk karakter masyarakat yang islami.
Pada kesempatan itu, Illiza juga menyinggung soal gugatan hukum terhadap Keuchik Beurawe karena menutup usaha Bilyard yang ada di gampong tersebut. “Saya berharap masyarakat mendukung Pak Keuchik dalam menegakkan kebenaran. Pemerintah siap men-support dan memberi dukungan penuh terkait penegakan syariat dan syiar Islam. Semoga masyarakat kita menjadi masyarakat yang cerdas dunia dan akhirat,” pungkas Illiza.
Di tempat yang sama, Ketua Komisi D DPRK Banda Aceh Farid Nyak Umar menyampaikan apresiasinya kepada Pemko Banda Aceh yang tetap istiqamah dalam setiap upaya mewujudkan visi Model Kota Madani, salah satunya dengan menyelenggarakan Festival Qurani. “Generasi Qurani adalah syarat untuk mencapai visi tersebut. Kami siap mendukung setiap kegiatan keagamaan dan syiar Islam di Kota Banda Aceh,” sebutnya.
Turut hadir bersama ribuan warga pada acara pembukaan tadi antara lain Kepala Dinas Syariat Islam Mairul Hazami, Kadinsosnaker M Fadhil, Camat Kuta Alam Ria Jelmanita, dan Kabag Humas Setdako Banda Aceh Wirzaini Usman.[KLIKKABAR.COM]
SHARE :
 
Top