ads1

Lamurionline.com--BANDA ACEH -- Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi, Marwan Jafar mensosialisasikan kegiatan Nusantara Mengaji yang akan berlangsung 7-8 Mei 2016 mendatang.

Marwan Jafar mengingatkan pentingnya nusantara mengaji untuk kehidupan berbangsa dan bernegara.



"Dalam kehidupan berbangsa dan bernegara yang penuh problematika ini, Alquran bisa menjadi 'rajah' untuk menyelamatkan kehidupan berbangsa dan bernegara," ujar Marwan saat mensosialisasikan kegiatan Nusantara Mengaji di Ponpes Dayah Insan Qurani, Aceh Besar, Selasa (3/5).

Marwan menceritakan, khalifah Utsman bin Affan sebagai sahabat nabi dan pemimpin umat Islam, sepanjang hayatnya menghatamkan 300.000 Alquran. "Kalau sekarang khalifah Ustman ini seperti presiden. Jadi mencontoh pada apa yang dilakukan khalifah Ustman, kita khidmahkan acara ini untuk bangsa kita," imbuhnya.

Lebih jauh, Marwan menjelaskan, Nusantara Mengaji merupakan gerakan nasional untuk menggemakan dan mensyiarkan Alquran secara serentak dari bagian paling timur Indonesia sampai Indonesia bagian Barat.

"Gerakan ini akan menjadi sejarah bagaimana semua orang mengaji pada detik yang sama. Ini sungguh gerakan pertama yang terjadi di dunia," tandasnya.

Marwan pun berharap, Nusantara Mengaji dapat dicatat sebagai kegiatan yang dirahmati dan diridai Allah SWT. Pasalnya, melalui gerakan tersebut, pihaknya membantu mendekatkan Alquran kepada masyarakat dan mendekatkan masyarakat dengan Alquran yang merupakan pedoman, petunjuk, dan sekaligus obat bagi umat manusia.

"Banyak sekali keutamaan membaca Alquran yang nilai-nilai dan pahalanya sangat dibutuhkan demi terwujudnya bangsa yang selamat, sejahtera, dan penuh keberkahan. Karean itu, saya mengajak seluruh masyarakat Indonesia, khususnya umat Islam untuk ikut serta mensukseskan gerakan Nusantara Mengaji ini," ajak Marwan.

Gerakan Nusantara Mengaji merupakan gerakan nasional untuk mengajak masyarakat menerapkan nilai-nilai Alquran dalam kehidupan sehari-hari. Gerakan ini dimulai dengan penyelenggaraan 300.000 khataman Alquran serentak se-Indonesia.

Acara yang dipusatkan di SMA Insan Qurani dihadiri Sekda Aceh, Dermawan, Anggota DPR-RI, Irmawan, Bupati Aceh Besar Mukhlis Basyah, Wakil Ketua MPU Aceh, Tgk H Faisal Ali, Kadis Transmigrasi Aceh, Kamaruddin Andalah, dan Kepala BPM Aceh, Elfizar Ibrahim, dan Sekjen PKB Aceh, Amrizal.


Menteri Marwan Jafar mengharapkan pada Khataman Alquran Nusantara Mengaji yang ditargetkan melibatkan 300.000 khataman se-Indonesia, Aceh minimal bisa menghadirkan 5000 khataman Quran yang dijadwalkan dilaksanakan di Masjid Baiturrahim, Ulee Lheue, pada 8 Mei 2016 mendatang.
“Aceh sebagai daerah syariat, saya berharap bisa menghadirkan minimal 5000 khataman di Masjid Ulee Lheue. Di samping di masjid-masjid lainnya di seluruh Aceh,” kata Marwan Jafar.
Khusus kepada Wakil Ketua MPU Aceh, Tgk Faisal Ali, menteri mengharapkan ikut mensosialisasi program Nusantara Mengaji ini ke seluruh Aceh. (HRM/Adia)




SHARE :
 
Top