Loading...

Foto : Muzanni

Lamurionline.com -- Indrapuri. Pelaksanaan musyawarah rencana pembangunan desa (Musrenbangdes) tahun 2016 Gampong Lheue telah selesai di laksanakan di Meunasah setempat . Acara yang dimulai pukul 21.00 WIB tersebut berjalan dengan lancar dan sukses, sabtu, (24/12). 

Musyawarah Desa (Musdes) yang dihadiri sejumlah masyarakat dan dari berbagai unsur Gampomg diantaranya perwakilan Perangkat Desa, Kadus, BPD, LPMD,PKK, Pemuda, Kelompok Tani, dan unsur lembaga pendidikan di Gampong Lheue. Rapat Musdes tersebut dipimpin langsung Mahlia selaku Keuchik Gampong Lheue serta dihadiri narasumber dari Pendamping Lokal Desa (PLD) Kecamatan Indrapuri yakni Almuzanni, S.Sos. 

“Musyawarah rencana pembangunan jangka menengah gampong (RPJMG) untuk jangka waktu 6 tahun merupakan implementasi dari permendagri 114 tahun 2014 yang terdapat pada UU No 06 tahun 2014 tentang Desa. UU Desa menjelaskan tujuan pembangunan desa adalah meningkatkan kesejahteraan masyarakat dan kualitas hidup Manusia serta penanggulangan kemiskinan melalui pemenuhan kebutuhan dasar, pembangunan sarana dan prasarana Desa, pengembangan potensi lokal, serta pemanfaatan sumberdaya alam dan lingkungan secara berkelanjutan”, kata Mahlia 

Dalam kegiatan Musdes tersebut dibahas rencana pembangunan tingkat Gampong yang akan dilaksanakan pada tahun 2017 mendatang sekaligus menetapkan prioritas kebutuhan masyarakat dan aktivitas Gampong yang akan dibiayai melalui APBDes termasuk Dana Desa (DD), Alokasi Dana Desa (ADD), Pajak Restribusi Daerah (PRD), Bagi Hasil Retribusi Daerah dan sumber pendapatan lainnya yang sah. Oleh Karena itu, hasil musyawarah menetapkan bahwa arah kebijakan pembangunan di Gampong Lheue pada tahun 2017 nantinya masih konsentrasi pada penuntasan kegiatan yang bersifat pembangunan fisik seperti halnya pembangunan Jalan Rabat Beton , Pembangunan Talud, Saluran Drainase, Saluran Jitut pertanian, maupun sebagian untuk penambahan Modal BUMG desa menjadi kontribusi untuk pemberdayaan ekonomi produktif, khususnya Gampong Lheue . 

Menurut data hasil perhitungan yang diperoleh melalui P3MD Kecamatan Indrapuri bahwasanya dana yang masuk ke Desa Lheue pada Tahun 2016 ini adalah Dana Desa sebesar Rp. 578,698,000, ADD sebesar Rp. 134,575,000. PRD (Pajak Retribusi Daerah) sebesar 6.114.000. Hal ini diperkirakan pada tahun 2017 mendatang juga akan mengalami penambahan. (Muzanni)
SHARE :
 
Top