ads1

Foto: IST
Lamurionline.com. KOTA JANTHO – Guna menyelaraskan pembangunan yang berkesinambungan sesuai dengan arahan Bupati Aceh Besar dan untuk mendapatkan usulan prioritas. Kecamatan Indrapuri mengadakan Musyawarah Rencana Pembangunan (Musrenbang) penyusunan RKPD tahun 2019 di Gedung Serba Guna kecamatan setempat, Rabu (07/03).

Kegiatan tersebut dihadiri anggota DPRK Aceh Besar Firdaus SE dan  Tgk Dhiauddin Idris, Bappeda Aceh Besar, kepala dan perwakikan SKPD dan SKPK, Muspika Indrapuri, tokoh-tokoh masyarakat dan unsur terkait lainnya.

Selain itu juga diikuti oleh peserta musrenbang dari unsur keuchik gampong, tokoh masyarakat dan perwakilan perempuan dari 52 gampong di kecamatan Indrapuri. 

Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Gampong (DPMG) Aceh Besar, Drs Ramli Yahya mewakili Bupati Aceh Besar dalam arahannya menjelaskan, Musrenbang penyusunan RKPD tahun 2019 tersebut mengusung tema “Pembangunan yang Berkualitas dan Berkelanjutan Didukung oleh Sistem Perencanaan yang Berbasis Elektronik”.

Foto: IST
Ia menambahkan Pemkab Aceh Besar telah menetapkan sejumlah prioritas pembangunan pada tahun 2019 mendatang, diantaranya, program pelaksanaan syariat Islam, pendidikan dan sumber daya manusia, kesehatan, tata kelola pemerintahan, sosial dan budaya, pemberdayaan ekonomi masyarakat berbasis mukim dan gampong, percepatan pembangunan daerah pesisir dan terisolir, serta pembangunan infrastruktur, pengelolaan lingkungan hidup, serta pengembangan kawasan.

Oleh karena itu, hal ini harus mendapat perhatian semua pihak, baik oleh SKPD maupun pihak swasta dan masyarakat. 

Sementara Camat Indrapuri Drs Zuhri mengatakan Musrenbang tahun ini selain dilaksanakan secara konvensional, juga dilakukan secara elektronik melalui penggunaan Sistem Aplikasi E-Musrenbang yang telah disediakan oleh Pemkab Aceh Besar.

Foto: IST
Hal ini bertujuan supaya seluruh usulan-usulan yang disampaikan sesuai dengan prioritas pembangunan dan ketersediaan anggaran Kabupaten Aceh Besar, sehingga perencanaan dan penganggarannya lebih sinergis, efektif, dan tepat sasaran.

Usai kegiatan pembukaan, peserta musrenbang langsung diarahkan pada pokja masing-masing, baik pokja sosial budaya, sarana dan prasarana, serta ekonomi produktif untuk merekomendasikan usulan-usulan prioritas yang selanjutnya diplenokan kembali. 

Untuk diketahui, Kegiatan Musrenbang Kecamatan tersebut secara maraton akan berlangsung pada 23 kecamatan di Aceh Besar sejak 26 Februari-12 Maret 2018 mendatang yang dimulai di kecamatan Kota Jantho.

Editor : Abrar
SHARE :
 
Top