Loading...

Foto: IST
LAMURIONLINE.COM | ACEH BESAR - Pemerintah Aceh Besar bersama Kodim 0101/ BS dan Polres Aceh Besar mengajak segenap perangkatnya ditingkat kecamatan sampai  gampong agar bersiaga penuh menghadapi kemungkinan kemarau panjang tahun ini dengan mengacu pengalaman tahun lalu bahwa potensi kebakaran lahan dan hutan masih tinggi di Aceh Besar maka perlu dilakukan upaya bersama untuk antisipasi pencegahan dan upaya penanggulangan.

Untuk menghadapi persoalan tersebut Bupati Aceh Besar Ir. Mawardi Ali bersama Kepala BPBD Ridwan Jamil hadir pada agenda Komunikasi Sosial dengan komponen masyarakat yang dilaksanakan di Makodim 0101/BS sejak tadi pagi (Jum'at, 22 Juni 2018)

Dandim 0101/BS Kolonel Inf Iwan Rosandriyanto memaparkan daerah rawan Karhutla dalam wilayah Aceh Besar serta upaya-upaya yang telah dilakukan TNI dalam upaya mensosialisasikan bahaya kebakaran lahan.

Kapolres Aceh Besar AKBP Heru Suprihasto pada kesempatan yang sama juga menyampaikan bahwa kecendrungan pembukaan lahan dengan membakar karena lebih menghemat biaya, tenaga dan waktu, padahal efek negatif bagi ekosistem sangat besar serta sanksi hukum yang berat bagi yang sengaja maupun karena lalai oknum masyarakat sehingga dapat terjadi kebakaran lahan.

Bupati Mawardi mengatakan bahwa pemerintah sangat serius dan berperan aktif dalam upaya menjaga dan melakukakan langkah penanggulangan bencana, sehingga anggaranpun disediakan 2% dari APBD.

Bupati meminta kepada masyarakat, keuchik, camat, babinsa, koramil dan polsek serta BPBD agar memanfaatkan tehnologi komunikasi dengan baik supaya koordinasi dan komunikasi untuk pencegahan dan penanggulangan dapat dilakukan dengan cepat.

"Lembaga adat seperti pawang glee perlu dibentuk dan perkuat kembali untuk dapat memonitor persoalan serta antisipasi kebakaran lahan dan hutan" terang Mawardi.

BMKG Aceh merilis bahwa Aceh Besar masih sangat besar potensi terjadinya kebakaran lahan/hutan seperti di wilayah kecamatan Indrapuri, mesjid raya, seulimum, blang bintang, jantho, kuta malaka, sukamakmur dan kuta cot glie.

Masyarakat harus bersama-sama menjaga agar Aceh Besar tidak lagi terjadi kebakaran lahan dan hutan dan bila terdapat titik api agar segera dipadamkan serta bila dibutuhkan dapat menghubungi Kontak Siaga Kargutla di nomor:
08116713113 - Aceh Besar
0651 44123 - Banda Aceh. 

Kontributor: Sirathallah
SHARE :
 
Top