Melalui Milad Media LAMURI Yang Ke-10 Kami Terus Berbenah Untuk Berbagi Informasi Kepada Pembaca (15 Juli 2010 - 15 Juli 2019) Remaja Masjid Asy Syuhada Lampanah Gelar Pelatihan Tajhiz Mayat - Lamuri Online
Loading...

Dok. Danil Rahmat
LAMURIONLINE.COM | INDRAPURI - Untuk meningkatkan pengetahuan masyarakat tentang bagaimana memandikan jenazah, Remaja Masjid Asy Ayuhada Lampanah Kecamatan Indrapuri Kabupaten Aceh Besar menggelar pelatihan tajhiz mayat .
Kegiatan yang merupakan program kerja RM Asy Asy Syuhada bidang moral dan agama ini diperuntukkan bagi masyarakat umum, kemarin, Minggu (16/09).
Adapun jumlah peserta yang mengikuti sekitar 100 orang bertempat di halaman masjid setempat, sedangkan narasumbernya dari IKAT Aceh, yaitu Tgk H Musa Lc MPd bagi peserta laki-laki dan Ustazah Dr Sarinah Aini LC MA bagi peserta perempuan.
Diketahui latar belakang kegiatan ini dilaksanakan karena merupakan salah satu urusan umat islam yang hukumnya fardhu kifayah, yaitu dalam satu wilayah harus ada yang memiliki kemampuan mengurus jenazah.

Koordinator Kegiatan Danil Rahmat SPd didampingi Ketua Remaja Masjid Asy Asyuhada Husban Adnan mengatakan, tujuan dilaksanakannya kegiatan ini agar masyarakat memahami tata cara dan hukum jenazah yang saat ini dinilai minimnya orang yang bisa memandikan jenazah.
"Karena faktor itulah kami menilai bahwa pengetahuan, pembelajaran atau pelatihan tata cara serta etika memandikan mayit adalah penting," katanya.
Ke depan Ia mengharapkan kegiatan ini tidak hanya diperuntukkan bagi orang tua, tetapi juga bagi remaja agar tata cara memandikan jenazah ini bisa dlanjutkan oleh generasi penerus.

Selain itu juga sedikitnya atau langkanya masyarakat yang memiliki kemampuan memandikan jenazah.
Sementara Camat Indrapuri yang diwakili Kasie PMG Mahdi saat membuka acara mengatakan, memandikan mayit adalah kewajiban kifayah jika kita bisa termasuk dalam sebagian yang melaksanakan kewajiban itu artinya kita memiliki anugerah lebih untuk bisa menolong sesama.
Mahdi juga mengapresiasi kegiatan yang digelar remaja masjid ini sebagai bentuk keaktifan dan kekompakan pemuda serta memberikan pembelajaran yang bermanfaat bagi masyarakat, menambah ilmu serta menjadikan diri lebih bermanfaat ketika diperlukan oleh sesama.
Hal senada disampaikan M Nasir Ali selaku perwakilan Keuchik Gampong Lampanah, dimana ia mengharapkan melalui kegiatan ini masyarakat lebih memahami tentang kepentingan sesama. Dimana gampong tidak hanya membangun fisik tetapi juga intelektual dan pendidikan.
Turut hadir pada kesempatan tersebut, para keuchik gampong se kemesjidan Asy Asyuhada Lampanah, Imam Masjid Tgk Saifullah M Ali, Pengurus IKADI, Ketua Pemuda dan tokoh masyarakat setempat. 
Editor: Abrar
SHARE :
 
Top