Dok. IST
LAMURIONLINE.COM I SURABAYA - Salah seorang guru MAN 4 Aceh Besar, yang lebih dikenal dengan MAN Tungkob, Nurchaili SPd. MKom berhasil meraih prestasi gemilang di tingkat nasional. Guru Kimia ini dinobatkan sebagai Juara I Guru Madrasah Aliyah (MA) Berprestasi Tahun 2018 dalam ajang Anugerah Guru dan Tenaga Kependidikan (GTK) Madrasah Berprestasi Tingkat Nasional  Tahun 2018 yang berlangsung di Surabaya, Jawa Timur, Minggu (25/11).

Kegiatan ini diselenggarakan oleh Direktorat GTK Madrasah, Direktorat Jenderal Pendidikan Islam, Kementerian Agama RI, yang diikuti oleh 55 Finalis (5 besar) GTK madrasah berprestasi dari seluruh Indonesia. Kategori lomba terdiri dari guru dan kepala Raudhatul Athfal (RA), Madrasah Ibtidaiyah (MI), Madrasah Tsanawiyah (MTs) dan Madarsah Aliyah (MA). Kemudian pengawas madrasah, pustakawan, dan laboran. Acara berlangsung 23-25 November 2018 yang resmi dibuka oleh Direktur GTK Madrasah, Prof. Suyitno di Hotel Ibis Surabaya City Center, 23 November 2018.

Nurchaili menjadi nominator terbaik dalam babak grand final (5 besar) dengan mengungguli nominator lainnya yaitu:
1.      Resmaleni SSi MPd (MAN 2 Kota Serang, Banten) sebagai juara 2
2.      Miftakul Fikri MPd (MAN Manokwari, Papua Barat) sebagai juara 3
3.      Lidia Mubarrak MPd (MAN 1 Kuantan Sengingi, Riau) harapan 1
4.      Latipah Hanum Lubis MPd. (MAN 2 Kota Jambi, Jambi) harapan 2

Saat pengumuman pemenang pada Puncak Peringatan Hari Guru Nasional (HGN) 2018 yang diselenggarakan oleh Direktorat GTK Madrasah, Kementerian Agama RI di Dyandra Convention Center Surabaya, Minggu (25/11), yang turut dihadiri oleh Menteri Agama RI, Lukman Hakim Saifuddin, Aceh juga ditetapkan sebagai juara umum Anugerah GTK Madrasah tahun 2018. Prestasi ini diperoleh setelah kontingen Aceh yang terdiri dari tujuh finalis berhasil meraih tiga juara 1, dua juara 3, satu harapan 1 dan satu harapan 2 dari sebelas kategori lomba.Tahun ini Aceh berhasil meloloskan tujuh GTK Berprestasi ke babak grand final.  Meningkat dari tahun sebelumnya yang meloloskan lima peserta.

GTK Aceh yang meraih prestasi adalah:
1.      Nurchaili SPd MKom, Juara I Guru MA (MAN 4, Tungkob Aceh Besar)
2.      Dra Mariani MPd, Juara I Kepala MA (MAN 1 Aceh Tengah)
3.      Nurmahni Harahap SPd MPd, Juara I Laboran (MTsN 1 Banda Aceh)
4.      Suhelli SPdI MA, Juara III Guru MI (MIN 6 Banda Aceh)
5.      Mariaton SIP, Juara III Pustakawan (MTsN 1 Banda Aceh)
6.      Dra Juairiyah MPd, Juara Harapan I Guru RA (RA Fathun Qarib Banda Aceh)
7.      Hj Ummiyani MPd, Juara Harapan II Kepala MI (MIN 9 Banda Aceh)

Saat puncak peringatan HGN 2018, hadir juga pejabat Kanwil Kemenag Aceh, Muntasyir SAg MA. (Kabid Pendidikan Madrasah) dan Zulkifli SAg MPd. (Kasi Pendidik dan Tenaga Kependidikan). 


Bagi Nurchaili, prestasi yang sangat membanggakannya ini merupakan anugerah dan rahmat dari Allah SWT. Disamping itu juga berkat adanya  dukungan dan bimbingan dari instansi terkait, kepala madrasah, pengawas,komite, rekan sejawat, peserta didik dan pihak lainnya, terutama keluarga yang tidak henti-hentinya memberikan dorongan dan semangat.

Prestasi ini adalah yang kedua baginya di instansi Kementerian Agama  setelah pada tahun 2008 ia juga terpilih sebagai Juara I Guru Madrasah Teladan Tingkat Nasional. Pada tahun 2014 ia juga berhasil meraih Juara III Pemilihan Guru SMA/MA Berprestasi Tingkat Nasional yang diselenggarakan oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan RI. (*)
SHARE :
 
Top