Loading...

Dok. Red
Laporan Media, Abrar - Nurdina 

LAMURIONLINE.COM I INDRAPURI - Gampong Limo Blang Kecamatan Indrapuri Kabupaten Aceh Besar memberikan pelatihan kepada sejumlah aparatur gampong dan pengurus Badan Usaha Milik Gampong (BUMG) yang ada di gampong tersebut, yang digelar di Lantai II Gedung Serbaguna setempat, Selasa (12/2). Kasi PMG Kecamatan Indrapuri, Mahdi, yang hadir selaku pemateri sekaligus membuka pelatihan yang digelar dua hari itu mengatakan, BUMG ada yang lahir berawal dari persoalan yang ada di gampong. BUMG terbentuk dan menjadi solusi untuk mengatasi masalah.


“Kegiatan yang dilakukan ini diharapkan bisa memberikan pemahaman bagi aparatur gampong dan pengurus BUMG. Sehingga, kedepan BUMG bisa meningkatkan ekonomi masyarakat di gampong,” ujarnya. 

Sementara itu, Keuchik Limo Blang, Julia menuturkan, kegiatan tersebut untuk memberikan pembekalan pembinaan dan pendampingan kepada pengurus BUMG. Pembinaan tersebut, seperti kebijakan Keuchik tentang BUMG, penatausahaan keuangan dan manajemen pengelolaan BUMG itu sendiri sesuai ketentuan dan aturan yang berlaku.


“Di Gampong Limo Blang saat ini sudah ada beberapa unit BUMG yang dibentuk,” ujar Julia. Ia berharap, kedepan BUMG mampu menjadi penopang perekonomian gampong, termasuk menjadi sumber pemasukan pendapatan asli gampong. Bahkan, bisa menjadi salah satu satu sumber pembiayaan pembangunan, disamping DD dan ADD. 


Julia juga mengimbau, melalui pelatihan ini nantinya pengurus BUMG agar dapat mengelola dengan sungguh-sungguh BUMG yang telah dibentuk. Apalagi, hal itu sudah diamanatkan dalam peraturan perundang-undangan. 

Turut hadir dalam kegiatan itu sejumlah Pendamping Desa Kecamatan dan gampong.(*)
SHARE :
 
Top