Dok. IST
LAMURIONLINE.COM | MESJID RAYA - Ketua TP PK Kabupaten Aceh Besar Rahmah Mawardi Ali menghadiri acara penilaian lomba desa tingkat Kabupaten di Desa Lamnga, Kecamatan Mesjid Raya, Rabu (20/03).

Pada kesempatan tersebut, Rahmah Mawardi Ali selaku ketua TP PKK Kabupaten Aceh Besar mengucapkan terima kasih kepada seluruh masyarakat Desa Lamnga yang telah aktif dan berpartisipasi dalam mempersiapkan lomba desa.

“Dimana melalui kegiatan ini, saya berharap dapat memberi dorongan bagi masyarakat untuk terus membangun desa di segala aspek kehidupan, yang di laksanakan secara partisipatif, terencana, terpadu dalam mengembangkan desa,” ujarnya.


Ia menyampaikan, sesuai himbauan Mendagri, Dana Desa selain digunakan untuk pembangunan fisik, Dana Desa harus dipergunakan untuk peningkatan sumberdaya keluarga, program unggulan dan peningkatan BUMG.

"Saya selalu mengingatkan agar dana desa yang telah digelontorkan harus fokus kepada program prioritas yang dapat meningkatkan kesejahteraan perekonomian masyarakat,” ungkapnya,

Di samping itu, ia mengajak masyarakat Aceh Besar, untuk memanfaatkan Dana Desa supaya bisa tercipta Program nasional satu Desa satu produk dengan tujuan agar masyarakat mampu mengembangkan sebuah produk yang akan menjadi produk khas wilayah dan memiliki nilai kompetitif baik di pasar nasional maupun global.

"Jika hal tersebut dapat dilakukan maka akan memberikan dampak yang besar, mulai dari peningkatan kualitas masyarakat ataupun pertumbuhan ekonomi," jelasnya


Tak hanya itu, dalam program gerakan nasional satu desa satu produk tersebut pemerintah juga akan melakukan link and match bagi pengusaha. Sehingga, pengusaha bisa masuk ke daerah-daerah untuk menggarap sektor paska panen.

"Apabila desa memiliki skala produksi yang besar maka investor atau swasta akan berinvestasi di desa tersebut sehingga dapat menggerakkan ekonomi di daerah," paparnya. (joel)
SHARE :
 
Top