Sekdakab Aceh Besar Drs Iskandar MSi menyerahkan cenderamata kepada Sekdakab Langkat, dr H Indra Salahuddin MKes MM di ruang pertemuan DPRK Aceh Besar, Kamis (23/5/2019). Dok. Humas Pemkab Aceh Besar
LAMURIONLONE.COM | ACEH BESAR – Anggota DPRD Kabupaten Langkat, Provinsi Sumatera Utara, yang tergabung dalam Badan Pembentukan Peraturan Daerah (Bapemperda), melakukan kunjungan kerja ke Kabupaten Aceh Besar, Kamis (23/5). 

Ikut serta dalam pertemuan yang berlangsung di ruang pertemuan DPRK Aceh Besar di Kota Jantho tersebut, Sekdakab Langkat dr H Indra Salahuddin MKes MM. Sedangkan dari Aceh Besar, hadir Sekdakab Aceh Besar Drs Iskandar MS, Asisten I Pemkab Aceh Besar Abdullah SSos, Kabag Hukum Setdakab Joni Marwan SH MSi MH, serta anggota DPRK Aceh Besar Nasruddin M Daud.

Sekdakab Aceh Besar Drs Iskandar MSi menjelaskan secara singkat berbagai potensi dan potret pembangunan yang telah dilakukan selama ini. Menurutnya, saat ini kabupaten tersebut berpenduduk 390.000 jiwa dengan memiliki 604 gampong serta 23 kecamatan. Pada masa lalu, dari Aceh Besar pula lahir sejumlah pahlawan terkenal seperti Cut Nyak Dhien, Laksamana Malahayati, Tgk Chik Ditiro, Tgk Panglima Polem, T Nyak Arief, dan para pahlawan lainnya.

Selain itu, ungkap Iskandar, saat musibah gempa dan tsunami dahsyat menerjang Provinsi Aceh di pengujung tahun 2004, Aceh Besar merupakan salah satu wilayah paling dahsyat terdampak bencana. Sedikitnya, 100.000 jiwa penduduk yang tersebar pada 8 kecamatan di Aceh Besar hilang dan meninggal dunia. Namun, secara berangsur-angsur, kini pembangunan telah bangkit dan aktivitas ekonomi masyarakat normal. 

“Sektor pertanian dan perikanan merupakan andalan pembangunan di Aceh Besar,” terangnya.

Pada sisi lain, Iskandar menjelaskan, berkat dukungan dan kerja keras semua pihak, Pemkab Aceh Besar beberapa hari lalu memperoleh opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) ke-7 yang diserahkan oleh Plt Kepala BPK Perwakilan Provinsi Aceh, Syafruddin Lubis SE, Ak, C.A. Pihaknya juga sangar berterima kasih atas kunjungan dari Sekdakab dan DPRD Langkat yang telah melakukan kunjungan kerja ke Kabupaten Aceh Besar.

Ketua Bapemperda DPRD Langkat, Nurul Azhar Lubis menjelaskan, tujuan kunjungan tersebut adalah menyangkut tentang tugas pokok dan fungsi Bapemperda, Perda-perda Inisiatif DPRD, Evaluasi dan fasilitas Ranperda. Juga terkait denga kekhasan yang dimiliki Aceh Besar, termasuk cara mengelola pendidikan madrasah dan penerapan pendidikan islami di jenjang pendidikan. 

“Kami sangat berterima kasih atas berbagai masukan dan penjelasan dari pejabat Pemkab dan DPRK Aceh Besar, sehingga diharapkan dapat kami terapkan di Kabupaten Langkat,” ucap Nurul Azhar.

Hal yang sama juga dikemukakan Setdakab Langkat H Indra Salahuddin. Dikatakannya, Kabupaten Langkat dan Provinsi Aceh merupakan kerabat dekat karena sejarah dan letak geografisnya yang bertetangga. Kedua wilayah memiliki warga yang mayoritas muslim, sehingga silaturahmi dan ukhuwah islamiyah sangat kental.

Sementara itu, anggota DPRK Aceh Besar Nasruddin M Daud menambahkan, kerjasama dan jalinan silaturahmi antara DPRK Aceh Besar dan DPRD Langkat tersebut bisa terus ditingkatkan lagi di masa-masa mendatang. Pertemuan tersebut, jelasnya, sangat penting untuk saling berbagai ilmu dan pengalaman, sehingga dapat diterapkan dalam menyukseskan program pembangunan daerah dan pelayanan kepada masyarakat di masing-masing kabupaten. (mariadi)
SHARE :
 
Top