Loading...

Ketua TP PKK Kabupaten Aceh Besar Rahmah Abdullah, SH disela kegiatan lomba cipta menu B2SA yang digelar di Aula UDKP Kantor Camat Kecamatan Lhoknga, Senin (24/6/2019). Dokumentasi: Dek Joel
LAMURIONLINE,COM I LHOKNGA - Ketua Tim penggerak PKK Kabupaten Aceh Besar Rahmah Abdullah, SH, menghadiri lomba cipta menu beragam, bergizi, seimbang dan aman (B2SA) yang di gelar oleh Forum keuchik dan berkerja sama dengan TP PKK kecamatan Lhoknga. Lomba yang diikuti 28 Gampong se-Kecamatan tersebut berlangsung di Aula UDKP kantor Camat Lhoknga, Senin (24/6).

Rahmah Abdullah, menyampaikan, Lomba cipta menu beragam, bergizi, seimbang dan aman (B2SA) dan Serba Ikan yang digelar oleh Forum Keuchik berkerja sama Tim Penggerak PKK kecamatan, diharapkan mampu mencapai tujuan utama yaitu implikasi di lingkungan masyarakat.


"Sudah menjadi komitmen kita bersama, salah satu cara menciptakan SDM yang berkualitas adalah memperbaiki kualitas dengan cara memperbaiki konsumsi pangan masyarakat untuk hidup sehat, aktif, produktif dan berkelanjutan," kata Rahmah.

Dia menekankan, perlunya tersedia bahan pangan lokal dalam jumlah yang cukup, bermutu dan layak serta aman untuk dikonsumsi.

"Penganekaragaman konsumsi pangan sebagai salah satu cara mengatasi permasalahan pangan. Untuk itu, perlu dikembangkan secara luas di masyarakat agar pola konsumsi pangan melalui pengembangan pangan lokal dapat diusahakan dan disebarluaskan polanya dalam kehidupan sehari-hari," harapnya.

Selain itu, Ia juga mengatakan, TP PKK kecamatan harus dapat memetakan produk lokal dan kualitasnya, sehingga dapat menentukan produk mana yang bisa dijual di kawasan lokal dan luar daerah.


PKK kecamatan perlu fokus dalam hal ini, agar produk lokal bisa berkembang, baik kulinernya, souvenir, apalagi daerah lhoknga merupakan kawasan destinasi wisata.

"Peluang ini harus dimanfaatkan para pengrajin dengan mengisi setiap kebutuhan wisatawan, pelajari kebutuhannya dan produksi," ujar Rahmah. (Dek Joel)
SHARE :
 
Top