Lamurionline.com-- Aceh Besar : Keluarga Besar Kantor Kementerian Agama Kabupaten Aceh Besar, Kamis(27/6) laksanakan kegiatan Silaturrahmi dan Peusijuek Jamaah Calon Haji (JCH) tahun 1440 H/2019 M di Aula SMKN Al-Mubarkeya Aceh Besar.

Pada silaturrahmi ini Kepala Kantor Kemenag Aceh Besar H. Abrar Zym, S.Ag mengatakan bahwa kegiatan ini merupakan agenda tahunan untuk memperkokoh ukhuwah islamiah dan pada tahun ini mengusung tema "Memperkokoh Silaturrahmi Bersatu Membangun Negeri Menggapai Mabrur dalam Berhaji".


Dalam kegiatan silaturrahmi seperti ini kita terus dapat menjalin ukhuwah Islamiyah apalagi masih dalam suasana Idul Fitri dan kita ambil momentum untuk dapat saling maaf memaafkan diantara sesama kita, pungkasnya.


Kegiatan tersebut diisi dengan taushiah yang disampaikan oleh ustadz Tgk. H. Masrul Aidi, Lc pimpinan Dayah Terpadu Babul Maghfirah Cot Keu eung kec Kuta Baro

Sebelum taushiah disampaikan ustadz Masrul. beliau dipercayakan untuk mempeusijuek 26 orang JCH keluarga besar kemenag Aceh Besar yang terdiri dari pegawai kantor, guru, dan KUA.

Tgk. Masrul dalam taushiahnya menjelaskan secara singkat tentang kegiatan Peusijuek ini bukanlah sebuah kewajiban akan tetapi ini merupakan adat istiadat yang tidak bertentangan dengan ajaran agama.


Penceramah dalam taushiahnya juga menyampaikan beberapa aturan agama bagi seseorang yang akan mengadakan perjalanan ibadah haji supaya menyelesaikan sangkut pautnya dengan pihak lain seperti hutang piutang

Bahkan, Ustazd Masrul mengharapkan kepada JCH yang akan melaksanakan ibadah haji nanti usahakan dapat mengerjakan ibadah terutama shalat lima waktu dan sunat lainnya di mesjidil Haram Makkah dan masjid Nabawi di Madinah, jangan sampai lalai dengan kegiatan yang sia-sia. Karena kita ke tanah suci adalah untuk beribadah semata-mata, gunakan kesempatan ini, kita sudah lama menunggu keberangkatan dari masa kita mendaftar. Bahkan lanjutnya kita yang mendaftarkan sekarang harus menunggu sampai 25 tahun, maka gunakan kesempatan ini dengan sebaik-baiknya


Pada Kegiatan Silaturrahmi dan Peusijuek JCH turut dihadiri Tim Irjen Kemenag RI dalam rangka meugaudit dan mengevaluasi  CPNS yang baru ditempatkan dilingkungan Kantor Kementerian Agama Kabupaten Aceh Besar, para Kepala seksi, Penyelenggara di Kankemenag Aceh Besar,  Kepala Madrasah MI, MTs, MA Kepala KUA, Pengawas Madrasah, Penyuluh agama serta ASN dalam lingkungan Kemenag Aceh Besar. (Khalid Wardana)
SHARE :
 
Top