Sekdakab Aceh Besar Drs Iskandar MSi didampingi Kadisperindagkop dan UKM Aceh Besar Taufiq SH menyerahkan uang pembinaan kepada pengurus koperasi terbaik di Aceh Besar di halaman Kantor Bupati Aceh Besar, Senin (15/7/2019). Dok. Humas Pemkab Aceh Besar
LAMURIONLINE.COM I KOTA JANTHO – Koperasi Syariah Mandiri Darussalam terpilih sebagai koperasi berprestasi terbaik tahun 2019 di Kabupaten Aceh Besar, sedangkan juara II dan III masing-masing diraih KPRI Murrah dan KUD Ujung Raja Peukan Bada.

Penyerahan uang pembinaan kepada koperasi terbaik tersebut dilakukan Sekdakab Aceh Besar Drs Iskandar MSi didampingi Kadis Koperasi UKM dan Perdagangan Aceh Besar Taufiq SH di sela-sela apel gabungan memperingati Hari Koperasi ke-72 tahun 2019 tingkat Kabupaten Aceh Besar di halaman Kantor Bupati Aceh Besar, Senin (15/7).

Dalam kesempatan tersebut, Sekdakab Aceh Besar Drs Iskandar MSi membacakan sambutan tertulis Menteri Koperasi dan Usaha Kecil dan Menengah AAGN Puspayoga.

Dikatakannya, tema  Hari  Koperasi  Nasional  tahun  ini adalah Reformasi Total  Koperasi  di  Era  Revolusi lndustri 4.0.   Tantangan    baru   yang   dihadapi    oleh   dunia perkoperasian  Indonesia tidak  hanya  sekadar  mengubah cara berbisnis  dengan memanfaatkan  perkembangan teknologi informasi    semata, namun    menyangkut persoalan  mindset  dan juga  perubahan  dalam sistem tata  kelola.   

“Dalam  konteks  itu,   maka  koperasi  harus melakukan reformasi total terhadap system kepranataan  yang sudah berjalan selama  ini,” ungkapnya.

Reformasi total yang telah dijalankan dalam rentang  waktu  lima  tahun terakhir  ini, ,  pada dasarnya mendorong koperasi untuk dapat beradaptasi  dan bertransformasi  dalam menghadapi lingkungan yang senantiasa      berjalan     dinamis.      lnsan     koperasi disiapkan   untuk  mempunyai kreativitas   dan  inovasi yang tinggi untuk menata organisasi dan strategi bisnisnya.   Untuk itu koperasi sudah saatnya memanfaatkan     teknologi     digital     dengan menggunakan    platform   e-commerce,   aplikasi   retail on-line dan pengembangan  aplikasi-aplikasi  bisnis lainnya.

Dengan demikian diharapkan gerakan koperasi dapat   merangkul   generasi   millenial, yang  saat ini  jumlah  mereka telah mencapai  sepertiga  dari totalitas penduduk  Indonesia.

Berdasarkan   data  Kementerian   Koperasi   dan UKM  dan BPS, tahun 2014 kontribusi  Koperasi terhadap    pembentukan    PDB   Nasional   sebesar 1.  71    persen,     dan    pada    tahun    2018 sudah meningkat   tajam menjadi  5.1   persen. “Kita  berharap  agar  Gerakan  Koperasi  di Indonesia  mampu menjawab  tantangan  zaman  dan bersaing  dengan  pelaku ekonomi  lainnya,” ucapnya. 

Sementara itu, Kadis Koperasi, UKM dan Perdagangan Aceh Besar Taufiq SH menjelaskan, kepada koperasi terbaik tersebut masing-masing untuk terbaik I, II, dan III menerima uang pembinaan Rp 5 juta, Rp 3 juta, dan Rp 2 juta. “Mudah-mudahan koperasi di Aceh Besar dapat terus berkembang dan maju,” tambah Kadisperindagkop dan UKM Aceh Besar. (mariadi)
SHARE :
 
Top