Loading...

Dok. IST
LAMURIONLINE.COM I MONTASIK - Tim Pengembangan Inovasi Desa (TPID) Kecamatan Montasik Kabupaten Aceh Besar, menggelar Bursa Inovasi Desa (Gampong-red) yang berlangsung di Aula Kantor Camat setempat, Minggu (28/7).

Bursa Inovasi Desa (BID) yang diikuti 39 keuchik, 39 Tuha Peut dan 39 KPM dibuka Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Gampong (DPMG) Aceh Besar, Bahrul Jamil SSos MSi. Ikut hadir Wakil Ketua DPRK Aceh Besar Ansari Muhammad SPt MSi, anggota DPRK Muchlis Zulkifli ST, Muspika Montasik dan sejumlah tokoh masyarakat.

Dalam sambutannya, Kadis PMD Aceh Besar, Bahrul Jamil SSos MSi yang juga Ketua Tim Inovasi Kabupaten (TIK), menyampaikan apresiasi dan  terima kasih atas kehadiran seluruh peserta dalam kegiatan tersebut. 

"BID merupakan sebuah forum penyebaran dan pertukaran inisiatif atau inovasi masyarakat, yang berkembang di tiap-tiap desa atau gampong," katanya.

BJ sapaan akrab Bahrul Jamil, menegaskan bahwa kegiatan BID dapat diselenggarakan di tingkat kabupaten ataupun kecamatan sebagai kegiatan peluncuran untuk mendukung pelaksanaan inovasi desa. 

"Jadi BID dilaksanakan untuk membantu desa dalam meningkatkan kualitas pembangunan, melalui pertukaran pengetahuan kegiatan yang inovatif untuk memberi inspirasi dan alternatif pilihan kegiatan bagi pembangunan desa,” terang Kadis DPMG Aceh Besar.

BJ menambahkan, BID juga merupakan salah satu upaya pemerintah pusat, untuk mewujudkan agenda nawa cita pemerinntahan Presiden Joko Widodo dalam RPJMN 2015-2019. 

"Salah satu visi melalui Program Inovasi Desa yang dimaksudkan untuk meningkatkan kapasitas desa sesuai dengan Undang-undang Nomor 6 Tahun 2014 tentang Desa, dalam mengembangkan rancana dan pelaksanaan pembangunan desa secara berkualitas agar dapat meningkatkan produktifitas rakyat, kemandirian ekonomi, serta mempersiapkan pembangunan  sumberdaya yang memiliki daya saing,” ujarnya.


Tidak lupa juga Kadis DPMG Aceh Besar Bahrul Jamil SSos MSi, mengimbau kepada seluruh keuchik, khususnya yang ada di Kecamatan Montasik agar kiranya memperhatikan serta merealisasikan apa-apa saja yang menjadi inti dari apa yang dibicarakan dalam Bursa Inovasi Desa. 

"Semua peserta dapat mengambil semua manfaat dan pelajaran yang dibicangkan pada BID," tandasnya.

Lebih jauh, Bahrul Jamil mengungkapkan kegiatan serupa juga telah berlangsung di Kecamatan Kuta Cot Glie, Darul Imarah, Ingin Jaya, Leupung. 

"Insya Allah besok, Senin 29 Juli 2019 akan digelar di Kecamatan Kuta Baro," pungkas Bahrul Jamil SSos MSi. (mariadi)
SHARE :

0 facebook:

Post a Comment

 
Top