Loading...

Direktur Dayah Darul Quran Aceh, Ustaz Hajarul Akbar Al Hafiz MA (kiri) bersama Ustaz M. Ikram Abdul Aziz sesaat menjelang keberangkatannya ke Jakarta dari Bandara Internasional Sultan Iskandar Muda (SIM) Blang Bintang, Aceh Besar, Senin (2/9/2019)
LAMURIONLINE.COM | ACEH - Guru Dayah Darul Quran Aceh Ustaz M Ikram Abdul Aziz (22), menjadi duta RI yang akan mengikuti  Musabaqah Tilawatil Quran (MTQ) tingkat Internasional ke 41 untuk cabang Hafiz 30 Juz di Masjidil Haram Makkah Al Mukarramah Saudi Arabia.

MTQ Internasional ini dijadwalkan berlangsung mulai 7-13 September 2019.

Adapun Ustaz M Ikram berangkat ke Jakarta pada Senin (2/9) dari Bandara Internasional Sultan Iskandar Muda (SIM) Blang Bintang, Aceh Besar pukul 15.40 WIB dengan menumpangi pesawat Garuda Indonesia. Selanjutnya pada Rabu (3/9) akan mengikuti pembekalan di kantor Kemenag RI di Jakarta dan pada hari yang sama pula langsung bertolak ke Jeddah dengan pesawat Saudi Arabia Airline.

Hal tersebut disampaikan oleh Direktur Dayah Darul Quran Aceh, Ustaz Hajarul Akbar Al Hafiz MA, Senin (2/9).

Ustaz Hajarul Akbar mengatakan putra pasangan Ir Wardian Yunifarsyah MT dan Ir Ervidayanti merupakan salah satu lulusan terbaik dari Darul Quran Mulia Bogor, Jawa Barat dan juga santri binaannya ketika dirinya masih bertugas di Bogor. Sekarang Ustaz M Ikram mengabdi sebagai guru tahfiz di Dayah Darul Quran Aceh, Gampong Tumbo Baro, Kecamatan Kuta Malaka, Aceh Besar.

Keikutsertaan putra asal Banda Aceh ini merupakan undangan dari Menteri Agama dan Wakaf Kerajaan Saudi Arabia di Riyadh kepada Menteri Agama RI terkait pelaksanaan MTQ Internasional ke 41 di Kota Makkah Almukarramah. Dan meminta dikirimkan peserta dari Indonesia untuk Cabang Tahfiz Alquran 30 Juz.

"Menyangkut perihal tersebut, maka Direktur Jendral Bimbingan Masyarakat (Dirjen Bimas) Islam melalui Direktur Penerangan Islam (Penais) Kemenag RI, Dr. Juraidi, MA menunjuk putra Aceh M Ikram Abdul Aziz sebagai salah satu utusan atau duta Negara RI dalam MTQ tersebut," jelasnya.

Ustaz Hajarul Akbar mengungkapkan Keluarga Besar Dayah Darul Quran Aceh telah beberapa kali mendapatkan kehormatan untuk menjadi Utusan RI ke tingkat Internasional. Sebelumnya Ustaz Hajarul Akbar sendiri juga telah mengikuti even MTQ Internasional tersebut sampai beberapa kali. 

“Atas nama Keluarga Besar Dayah Darul Quran Aceh, kami sangat bangga dan bersyukur atas terpilihnya beberapa guru kita untuk mewakili Indonesia ke tingkat Internasional. Semoga kedepannya bukan hanya guru saja tapi para santri juga bisa mengikuti jejak prestasi guru-guru mereka itu,” kata Ustaz Hajarul.

Ia juga menambahkan nantinya selama mengikuti MTQ tersebut, Ustaz M. Ikram akan didampingi oleh pejabat eselon I Kemenag RI yaitu Dirjen Bimas Islam Prof Dr H Muhammadiah Amin MAg dan H Subhan Nur Lc.

“Mengutip keterangan Kepala Seksi Pengembangan Tilawatil Quran Kemenag RI, Ali Sibromalisi bahwa penunjukan peserta MTQ Internasional berdasarkan hasil pada MTQ Nasional sebelumnya sesuai dengan bidang masing-masing.  Maka penunjukan Ustaz M Ikram ini dikarenakan beliau telah menjuarai di MTQ tingkat Nasional di Medan tahun 2018 silam,” katanya.

Sementara itu Ustaz M Ikram Abdul Aziz mengucapkan ribuan terima kasih kepada Pemerintah Aceh dalam hal ini Kepala Dinas Syariat Islam Aceh Dr EMK Alidar dan juga Kepala Unit Pelanyanan Terpadu Daerah Pusat Pengembang Quran (UPTD PPQ) Drs H Ridwan Djohan atas bantuannya dengan memberikan dukungan biaya perjalanan Banda Aceh-Jakarta.

“Saya mengucapkan terima kasih kepada semua pihak atas bantuan tersebut. Selain itu mohon doa yang tulus dari seluruh masyarakat Aceh khususnya dan Indonesia pada umumnya semoga dapat mempersembahkan prestasi yang membanggakan bagi daerah dan negara,"pungkasnya. (murdani)
SHARE :

0 facebook:

Post a Comment

 
Top