Tim surveior Kemenkes RI melakukan penilaian di Puskesmas Lampupok Kecamatan Indrapuri, Jumat (27/9/2019). dok. Humas Pemkab Aceh Besar
LAMURIONLINE.COM I ACEH BESAR - Tim surveior dari Kementerian Kesehatan (Kemenkes) RI melakukan penilaian di tiga Puskesmas di Kabupaten Aceh Besar. Ketiga Puskesmas yang disurvey tersebut Puskesmas Lampupok Kecamatan Indrapuri, Puskesmas Ie Alang Kecamatan Kuta Cot Glie dan Puskesmas Blang Bintang.

Tim Surveyor akreditasi yang dipimpin ketuanya, Dr Fatni Sulani DTM & H MSi, yang didampingi dua anggotanya Drg Zaniyar MAP dan dr Ade Dejani bersama Plt Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Aceh Besar Lukman SKM MKes tiba di Puskesmas Lampupok diterima Kepala Puskesmas dr Balqis Susianti dan para pegawai Puskesmas dan masyarakat gampong setempat, Jumat (27/9).

Ketua Tim Akreditasi, Dr Fatni Sulani, menyatakan bahwa tugas tim melihat langsung keadaan Puskesmas secara nyata. Ada tiga hal yang disurvei yaitu administrasi dan manajemen Puskesmas, upaya kesehatan masyarakat perorangan dan lintas sektoral dalam upaya peningkatan mutu kesehatan serta pelayanan.

Menurutnya, Akreditasi dalam upaya menuju pelayanan berkualitas, perlindungan kepada pasien, payung hukum kepada petugas yang memberikan pelayanan, karena telah bekerja sesuai standar operasional. 




"Diharapkan tidak akan terjadi malapraktik dan juga bisa menghindarkan kecelekaan pada pasien (pasien safety), dan tujuan utama akreditasi Puskesmas agar masyarakat bisa menikmati pelayanan kesehatan dengan prima serta petugas kesehatan bisa menjalankan tugasnya dengan payung hukum sesuai SOP," katanya.

Sementara itu, Plt Kadis Kesehatan Aceh Besar Lukman SKM MKes menyebutkan Aceh Besar memiliki 28 Puskesmas, dan yang sudah terakreditasi 23. Hanya lima belum terakreditasi yaitu Puskesmas Lampupok, Blang Bintang, Ie Alang, Lamteuba dan Pulo Aceh. 

"Yang sedang proses serentak yaitu Puskesmas Lampupok, Ie Alang dan Blang Bintang. Kita berharap hasil survei yang dilakukan ada satu yang mendapatkan akreditasi paripurna," pungkas Lukman SKM MKes, Plt Kadis Kesehatan Aceh Besar. (mariadi)
SHARE :

0 facebook:

Post a Comment

 
Top