Loading...

*Berlangsung Khidmat

UPACARA HARI PAHLAWAN – Bupati Aceh Besar Ir H Mawardi Ali menjadi inspektur upacara peringatan Hari Pahlawan tahun 2019 di Lapangan Sepakbola Gampong Lubok Sukon, Kecamatan Ingin Jaya, Minggu (10/11/2019). FOTO-HUMAS PEMKAB ACEH BESAR
LAMURIONLINE.COM I INGIN JAYA – Bupati Aceh Besar Ir H Mawardi Ali bertindak selaku inspektur upacara peringatan Hari Pahlawan tahun 2019 di Lapangan Sepakbola Gampong Lubok Sukon, Kecamatan Ingin Jaya, Minggu (10/11). Kegiatan tersebut dihadiri Forkopimda, para staf Ahli Bupati, para Asisten Setdakab, Kepala OPD dan kepala bagian jajaran Pemkab Aceh Besar, TNI, Polri, para camat, pekerja sosial, dan para pelajar.

Sebelum upacara dimulai, pada pukul 07.00 WIB, Bupati Aceh Besar bersama unsur Forkopimda, dan kepala OPD melakukan doa, ziarah, dan tabur bunga ke makam pahlawan nasional Teuku Nyak Arief di kawasan Lamreung, Kecamatan Krueng Barona Jaya. Bupati juga menyerahkan bingkisan kepada keluarga pahlawan nasional tersebut.

Ketika berlangsung upacara Hari Pahlawan di Lapangan Sepakbola Lubok Sukon, Bupati Aceh Besar membacakan pidato tertulis Menteri Sosial Republik Indonesia Juliari Batubara. Mensos dalam menyatakan, setiap Hari Pahlawan, kita diingatkan kembali kepada peristiwa pertempuran 10 November 1945 di Surbaya sebagai salah satu momen paling bersejarah dalam merebut kemerdekaan Indonesia. 

“Pada pertempuran tersebut rakyat bersatu padu, berjuang, pantang menyerah melawan penjajah yang ingin menancapkan kembali kekuasaannya di Indonesia,” ungkapnya.

Peristiwa Perang mengingatkan kita bahwa kemerdekaan yang kita rasakan saat ini tidaklah datang begitu saja, namun memerlukan perjuangan dan pengorbanan yang luar biasa dari para pendahulu negeri. semangat yang ditunjukkan para pahlawan dan pejuang tersebut hendaknya perlu terus ditumbuhkembangkan di dalam hati sanubari segenap insan warga negara Indonesia.


SERAHKAN BINGKISAN – Bupati Aceh Besar Ir Mawardi Ali menyerahkan bingkisan kepada keluarga pahlawan nasional di kompleks makam pahlawan nasional Teuku Nyak Arief, Minggu (10/11/2019). FOT0- HUMAS PEMKAB ACEH BESAR



TABUR BUNGA - Bupati Aceh Besar Ir H Mawardi Ali didampingi Forkopimda melakukan tabur bunga di makam pahlawan nasional Teuku Nyak Arief, Minggu (10/11/2019). FOTO-HUMAS PEMKAB ACEH BESAR


Menurutnya, dengan peringatan Hari Pahlawan diharapkan kita akan lebih menghargai jasa dan pengorbanan para pahlawan, sebagaimana ungkapan salah seorang The Founding Fathers kita Bung Karno yang menyatakan bahwa "....hanya bangsa yang menghargai jasa para pahlawannya dapat menajdi bangsa yang besar...". Selain itu peringatan Hari Pahlawan kita bangkitkan semangat berinovasi bagi anak-anak bangsa untuk menjadi pahlawan masa kini, sebagaimana tema peringatan hari pahlawan masa kini.

Menjadi Pahlawan Masa Kini, ujarnya, dapat dilakukan oleh siapapun warga negara Indonesia, dalam bentuk aksi-aksi nyata memperkuat keutuhan NKRI, seperti tolong menolong sesama yang terkena musibah, tidak melakukan provokasi yang dapat menggangu ketertiban umum, tidak menyebarkan berita hoax, tidak melakukan perbuatan anarkis atau merugukan orang lain dan sebagainnya.

“Jika dahulu semangat kepahlawanan ditunjukkan melalui pengorbanan tenaga, harta bahakan nyawa. sekarang, untuk menjadi pahlawan, bukan hanya mereka yang berjuang mengangkat senjata mengusir penjajah, tetapi kita juga bisa, dengan cara menorehkan prestasi di berbagai bidang kehidupan, memberikan kemaslahatan bagi masyarakt, membawa harum nama bangsa di mata Internasional" ujar Mawardi Ali

"Peringatan Hari Pahlawan kiranya dapat meningkatkan kesadaran kita untuk lebih mencintai tanah air dan menjaganya sampai akhir hayat,” ucapnya.

Bertindak selaku komandan upacara, Kapten Arh Ridwan yang juga Danramil Kecamatan Lembah Seulawah. Sedangkan ayat suci al-Quran dibacakan oleh qari internasional asal Aceh Besar H Takdir Feriza, dan doa dibacakan oleh Kakankemenag Aceh Besar H Abrar Zym SAg.

Usai upacara, Bupati Aceh Besar Ir Mawardi Ali didampingi Plt Kadis Sosial Aceh Besar Drs Rusdi, kepada wartawan menyatakan, momentum peringatan Hari Pahlawan hendaknya dijadikan sebagai upaya untuk terus meneladani perjuangan para pahlawan untuk melanjutkan cita-cita pembangunan bangsa dan negara, khususnya Aceh Besar, sehingga menjadi lebih maju dan makmur. (mariadi)
SHARE :

0 facebook:

Post a Comment

 
Top