Loading...

dok. IST
LAMURIONLINE.COM | BANDA ACEH - Program Studi Teknik Kimia Fakultas Teknik Universitas Serambi Mekkah bersama mahasiswa Teknik Kimia mengadakan kunjungan lapangan ke Dinas Lingkungan hidup, Kebersihan dan Keindahan Kota ( DLH3K) Kota Banda Aceh. Kegiatan tersebut dilaksanakan untuk mengaplikasikan langsung sebagai bentuk implementasi dari mata kuliah “Teknologi Pengolahan Air Limbah dan Pengolahan Sampah” 

Kegiatan kunjungan lapangan ini dilaksanakan selama satu hari, Kamis (31/10) di Tempat Pembuangan Akhir (TPA) Gampong Jawa, Kota Banda Aceh. Acara ini dibuka oleh Muhammad, ST.,M.Eng.Sc dan juga didampingi oleh Zulhaini Sartika , ST.,MT, yang merupakan dosen teknik kimia Universitas Serambi Mekkah dan juga merupakan dosen pengampu mata kuliah tersebut.

T Dharma Setiawan selaku koordinator ITF dan TPA Gampong Jawa pada DLH3K Kota Banda Aceh yang juga pembimbing lapangan dalam kunjungan ini, menyatakan bahwa sangat senang dengan adanya kunjungan mahasiswa Teknik Kimia Universitas Serambi Mekkah ini untuk mendapatkan ilmu secara langsung.  


"Mereka melihat proses pengolahan limbah padat dan cair, dimana limbah padat salah satunya adalah limbah  plastik yang merupakan plastik pilihan dapat dijadikan produk sejenis minyak bensin dan solar. Sedangkan limbah cair seperti tinja dapat  dijadikan biogas dan pupuk," ujarnya.

Pengolahan ini  mempunyai dampak sangat bernilai positif bagi lingkungan. Acara ditutup oleh Irhamni, ST.,MT selaku ketua program Studi Teknik Kimia Universitas Serambi Mekkah menyatakan kegiatan kunjungan lapangan ini dapat meningkatkan pengetahuan mahasiswa dalam Teknologi Pengolahan  air limbah dan pengolahan sampah. (mariadi)
SHARE :

0 facebook:

Post a Comment

 
Top