Loading...

dok. IST
LAMURIONLINE.COM | KBJ - Bupati Aceh Besar Ir Mawardi Ali yang diwakili Asisten II Bidang Perekonomian Setdakab Aceh Besar M Ali Ssos MSi, meresmikan Ruang Terbuka Hijau Publik (RTHP) yang berada di Gampong Meunasah Papeun, Kecamatan Krueng Barona Jaya, Kamis (14/11).

Peresmian RTHP Gampong Meunasah Papeun itu ditandai dengan penandatanganan prasasti, kemudian dilanjutkan penanaman pohon oleh Bupati Aceh Besar yang diwakili Asisten II M Ali, Pimpinan Bank BRI Cabang Aceh, Kepala Balai Sarana Permukiman Wilayah Aceh.

M Ali mengatakan Pemkab Aceh Besar berterima kasih kepada Asisten KOTAKU yang telah berkontribusi dalam rangka menciptakan sebuah perubahan, salah satunya pembangunan RTHP di Gampong Meunasah Papeun, dimana Kabupaten Aceh Besar masuk salah satu daerah yang masih luas kawasan kumuhnya.

"Melalui program Kota Tanpa Kumuh (KOTAKU) ini telah terjadi penurunan dari 190 hektar menjadi 130 hektar, Mudah-mudahan program ini tetap berlanjut semua daerah yang dianggap kumuh bisa selesai di kabupaten Aceh Besar," harap M Ali.

Ia juga berharap RTHP yang telah dibangun ini dapat bermanfaat kepada warga Gampong Meunasah Papeun khususnya, dan Masyarakat Aceh Besar pada umumnya. 

"Kepada masyarakat dan Pemerintah Gampong, agar dapat merawat dan memanfaatkan dengan baik RTHP ini, karena ini merupakan aset Gampong yang perlu dijaga dan dipelihara bersama jangan sampai terbengkalai," harap Asisten II Setdakab Aceh Besar.

Sementara itu, Asisten Program KOTAKU Maya Keumala Dewi mengatakan, RTHP ini dibangun melalui Kolaborasi Dunia Usaha dan BUMN dan Ruang Terbuka Hijau Publik yang ada di Gampong Meunasah Papeun ini selesai dikerjakan dalam waktu 60 hari dengan anggaran yang di gunakan sebesar Rp. 214.500.000 dan di bangun di lahan 350 meter persegi 

"Ini merupakan hasil kolaborasi Program KOTAKU melalui pemerintah Kabupaten Aceh Besar bersama PT. bank Rakyat Indonesia" ujar Maya.



Ia menambahkan, dibidang Insfratruktur hanya Gampong Meunasah Papeun yang perdana mendapatkan program KOTAKU. Sedangkan tempat lain mendapatkan melalui program lainnya seperti Bidang Persampahan, dengan memperoleh sejumlah unit tong sampah, viar, dan lain sebagainya.

"Program KOTAKU di Kabupaten Aceh Besar hanya disatu Kecamatan yaitu di Krueng Barona Jaya, sementara untuk wilayah lain pihaknya akan melakukan replikasi program yang sama," pungkas Asisten KOTAKU Aceh Besar, Maya Keumala Dewi.

Hadir dalam peresmian RTHP Gampong Menasah Papeun itu, Kepala BRI Cabang Aceh, para kepala OPD, Kepala Balai Permukiman Wilayah Aceh, General Manager Angka Pura II, General Manager PT Solusi Bangun Andalas (SBA) dan Unsur Muspika Kecamatan Krueng Barona Jaya, Aparatur Gampong Menasah Papeun dan juga pemuda Gampong. (mariadi)
SHARE :
 
Top