Loading...

dok. lamurionline.com

LAMURIONLINE.COM | ACEH BESAR - TPQ Ar-Rahmah Ingin Jaya keluar sebagai juara umum Festival Anak Saleh Indonesia (FASI) XI Tingkat Kabupaten Aceh Besar tahun 2019. 

Pada event yang digelar LPPTKA BKPRMI Aceh Besar melalui kerja sama Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Aceh Besar ini, TPQ Ar-Rahmah sukses mengumpulkan poin terbanyak, yakni 55 poin.

Atas prestasi itu, TPQ Ar-Rahmah berhak atas Piala Juara Umum pada penutupan FASI  XI Aceh Besar yang digelar di SMK Al Mubarkeya, Kayee Lee, Ingin Jaya, Minggu (10/11).

Juara II diraih TPQ Urwatul Wusqa Baitussalam dengan jumlah perolehan poin 39. Sementara TPQ Darurrahman Darussalam dengan poin 26 meraih juara III. Keputusan pemenang dibacakan Koordinator Dewan Hakim, Amirullah Nurdin ST MPd dan kegiatan FASI ditutup Kadisdikbud Aceh Besar, Dr Silahuddin MAg.


Seusai menyerahkan piala kepada para pemenang, Kadisdikbud Silahuddin mengungkapkan rasa bangganya atas suksesnya gelaran FASI Tingkat Kabupaten Aceh Besar ini.

Dikatakan, pembinaan pendidikan Islam di TPA, TPQ dan TQA di Aceh Besar dapat dilihat dari catatan para juara FASI tahun 2019, dimana anak-anak punya talenta dan kreatifitas yang tinggi di bidang ilmu agama. Hal ini sebutnya sesuai dengan program Disdikbud Aceh Besar melalui Sistem Pendidikan Terpadu yang  bertujuan membentuk karakter dan akhlak para generasi, pendidikan agama secara merata, cerdas dan punya lifeskill.

“Disdikbud sendiri sangat komit mendukung program ini karena akan melahirkan generasi Aceh Besar yang berkarakter Qurani. InsyaAllah akan kita gelar setiap tahun,” kata Silahuddin.

Menurutnya, dengan gelaran FASI ini anak-anak di Aceh Besar semakin termotivasi untuk mempelajari Alquran sehingga karakter Islami akan terbangun sejak dini.


Sementara itu, Ketua DPW BKPRMI Aceh, Dr Mulia Rahman SPdI MA memberikan apresiasi kepada panitia dan pengurus BKPRMI Aceh Besar dalam menyukseskan kegiatan FASI. Dikatakannya para juara dari setiap cabang akan dipersiapkan untuk mengikuti FASI tingkat Provinsi Aceh yang digelar dalam waktu dekat.

Mulia Rahman pada kesempatan tersebut juga memberikan amanah kepada pengurus DPD yang baru saja dilantik beberapa waktu lalu untuk segera membentuk DPK di setiap kecamatan, Lembaga LPPTKA juga membentuk nomor unit untuk TPA setiap gampong agar lebih legal dan jelas dan membentuk brigade BKPRMI supaya organisasi tersebut lebih kuat ke depannya.

"Mudah-mudahan semangat dan ruh BKPRMI kembali hadir di Aceh Besar" tegas Mulia Rahman.

Sementara Ketua DPD BKPRMI Aceh Besar, Hermansyah Zayn  SPdI dalam sambutannya menyampaikan terimakasih atas dukungan Pemkab melalui Disdikbud Aceh Besar sehingga FASI tahun ini berjalan sukses. BKPRMI Aceh Besar sebutnya, ke depan punya beberapa program diantaranya, dakwah remaja keliling (darling) ke sekolah-sekolah dan masjid yang ada di Aceh Besar, penyuluhan keagamaan, menjalin kerjasama yang lebih luas dengan pemkab serta meningkatkan pelatihan metode iqra di TPA-TPA.

Sebagai informasi, FASI XI Aceh Besar digelar dari 7 November lalu dan berakhir 10 November. Event ini diikuti 975 orang santri tingkat 45 TPA, TPQ dan TQA di Aceh Besar.

Cabang yang diperlombakan pada ajang ini, diantaranya cabang tartil Al Qur’an, azan dan iqamah, nasyid islami, peragaan shalat, cerdas cermat Al Qur’an, meewarnai gambar, ceramah agama (pidato), menggambar, tilawah Al Qur’an, Tahfiz Juz Amma, Kisah Islami dan kaligrafi.

Turut hadir pada seremoinial penutupan ketua BKPRMI Aceh Besar Demisioner, Saiful Hadi SPdI, pengurus MPD, ustad /ustadzah TPA se-Aceh Besar, para orang tua santri dan sejumlah pengurus BKPRMI Aceh Besar.

Editor: Abrar
SHARE :

0 facebook:

Post a Comment

 
Top