LAMURIONLINE.COM I ACEH BESAR - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Aceh Besar, akan mengalokasikan anggaran yang bersumber dari pengalihan kegiatan ada pada Dokumen Pelaksanaan Anggaran (DPA) Organisasi Perangkat Daerah (OPD) atau SKPK untuk penanganan dan pencegahan penyakit Corona Virus Disease 2019 (Covid-19) yang nilainya mencapai Rp 10 miliar.

"Angka sebesar Rp10 miliar itu, merupakan anggaran dialihkan dari sejumlah kegiatan di dinas yang tidak berdampak langsung ke masyarakan dan memang memungkinkan untuk digeser guna mendukung program penanggulangan wabah corona di Aceh Besar," kata Sekretaris Daerah Kabupaten (Sekdakab) Aceh Besar, Drs Iskandar MSi, di Posko Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Aceh Besar, Jumat (27/3) siang.

Drs Iskandar MSi yang juga Koordinator dan Juru Bicara Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Aceh Besar, menegaskan anggaran Rp 10 M tersebut akan di potong dana seperti perjalanan dinas, beberapa  kegiatan pelatihan dan event-event seremonial. 

“Sesuai dengan arahan bapak bupati dana ini untuk mendukung anggaran tanggap darurat yang sudah tersedia di BPBD Aceh Besar sebesar Rp 15 miliyar,” ungkapnya.

Nantinya, lanjut Sekdakab Aceh Besar, anggaran sebesar itu bisa dimanfaatkan untuk pengadaan Alat Pelindung Diri (APD), cairan pembersih tangan atau "hand sanitizer", termometer infrared hingga berbagai elemen dan alat kesehatan yang diperuntukkan bagi penanganan virus corona. 

“Peruntukan dan pengalihan anggaran akan dibahas dalam rapat TAPD dimana hasilnya nanti diserahkan kepada dewan,” tutur Iskandar.

Menurut Iskandar, keputusan ini diambil, selain arahan Bupati Aceh Besar juga sejalan dengan arahan pemerintah pusat melalui surat edaran (SE) Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Nomor 440/2436/SJ tentang pencegahan penyebaran Covid-19 di lingkungan pemerintah daerah.

Pada kesempatan itu, Iskandar juga kembali mengulangi himbauan Pemkab Aceh Besar masyarakat terkait penyebaran Covid-19. Agar setiap masyarakat Aceh Besar menjaga Wudhu, perbanyak Zikir, ibadah dan doa kepada Allah SWT untuk kesehatan, keselamatan agar tercegah dari segala marabahaya serta jenis penyakit, termasuk corona ini. 

“Sosialisasi telah kami lakukan dengan berbagai media tentang pencegahan corona di seluruh Aceh Besar. Kita semua berharap masyarakat dapat mematuhi anjuran pemerintah dan berlakulah pola hidup bersih dan sehat,” demikian Drs Iskandar MSi, Sekdakab Aceh Besar. (mariadi/rel)
SHARE :

0 facebook:

Post a Comment

 
Top