Loading...

LAMURIONLINE.COM I ACEH BESAR - Upaya mengantisipasi penyebaran virus Corona (Covid-19) terus berlanjut, termasuk di kabupaten Aceh Besar. Meskipun demikian, aktivitas ekonomi di daerah ini diharapkan tetap berdenyut. 

Bupati Aceh Besar, Ir H Mawardi Ali mengatakan, masa-masa sulit dari mewabahnya virus Corona ini, pihaknya menginginkan aktivitas perekonomian masyarakat di berbagai aspek tetap berjalan. 

"Kendati adanya sejumlah pembatasan untuk atisipasi corona, kita inginkan tetap aktivitas ekonomi ada. Misalnya saja yang berdagang dipasar tetap jualan, atau berbagai aktivitas ekonomi lainnya, agar masyarakat bisa mencari rezeki juga di masa sulit ini," kata Bupati Mawardi Ali kepada media ini ini, Minggu (5/4).

Meskipun demikian, kata Bupati, dalam pelaksanaan penyelenggaraan kegiatan ekonomi, wajib menerapkan kaidah-kaidah seperti menjaga jarak antar sesama (physical distancing). 

"Yang terpenting masyarakat disiplin dalam menjaga jarak satu sama lain," harapnya.

Selain itu, masyarakat diingatkan untuk selalu menjaga kebersihan seperti mencuci tangan pakai sabun sehabis kegiatan, tidak memegang mata, hidung dan mulut. Dengan sterilnya kondisi fisik, sehingga kata Mawardi, akan dapat mencegah penularan itu. 

“Di warung-warung, rumah makan, kantor dan berbagai fasilitas publik lainnya wajib disediakan tempat cuci tangan beserta sabun,” tutur Mawardi Ali berharap.

Bupati berharap, kendati telah dicabut Maklumat Bersama Forkopimda Aceh tentang Penerapan Jam Malam, mayarakat diharapkan tetap mengikuti protokol kesehatan dalam memutus mata rantai Covid-19.

Salah satu upaya yang digalakkan pemerintah adalah dengan Pembatasan Sosial Berskala Besar di seluruh Aceh seperti tetap tinggal di rumah, belajar di rumah, bekerja di rumah, dan juga menghindari pusat keramaian, fasilitas umum, termasuk aktifitas keagamaan yang melibatkan orang banyak.

"Namun semua kita terus memperbanyak ibadah dan terus berdoa kepada Allah SWT agar bala corona ini cepat berlalu," ujarnya. (mariadi/rel) 
SHARE :
 
Top