Loading...

Oleh Sayed Muhammad Husen
@abulampanah


Puasa Ramadhan mengantarkan kita semakin dekat kepada target akhir yaitu mencapai derajat taqwa. Kita akan menjadi muslim yang taat menjalankan perintah dan meninggalkan larangan-Nya. Dengan kekuatan dan kesehatan yang kita miliki bertekad menyelesaikan ibadah puasa beserta tambahan amal sunnah lainnya. Kita menjadi insan yang lebih baik dibandingkan tahun lalu dan lebih bermanfaat bagi alam semesta. 

Ramadhan membuat kita lebih sehat di tengan krisis Covid-19, sebab kita mematuhi anjuran Rasulullah SAW dan mempraktikkan nasihat praktisi kesehatan tentang bagaimana seharusnya berpuasa. Misalnya tetap makan sahur dan melambatkannya, segera berbuka dengan mambatasi makanan dan minuman yang kita konsumsi. Kita yakin puasa yang sesuai dengan sunnah akan menyehatkan dan memberi manfaat yang besar bagi  tubuh

Coba kita perhatikan nasihat Rasulullah SAW: “Sebaik-baiknya sahur orang mukmin adalah kurma (HR Abu Daud). Pada sisi lain, Rasulullah SAW biasa berbuka puasa sebelum shalat dengan ruthab (kurma basah), jika tidak ada ruthab, maka beliau berbuka dengan tamr (kurma kering), dan jika tidak ada tamr, beliau meminum seteguk air. Artinya dalam tradisi kita berbuka dengan tidak berlebih-lebihan.         

Demikian pula dengan bersahur, beliau sangat menganjurkannya: Makan sahurlah kalian karena di dalamnya terdapat keberkahan (HR Bukhari dan Muslim). Banyak analis medis mengatakan, makan sahur terdapat keajaiban di dalamnya, sebab ketika sahur kita telah berniat dan bertekad untuk dapat berpuasa, maka otak akan mengendalikan tubuh supaya tidak makan minum untuk periOde yang kita niatkan.   

Keajaiban lain akan kita peroleh, bahwa dengan berpuasa tidak akan menurunkan imunitas tubuh, apalagi di tengah pandemi Covid-19. Tak ada kekhawatiran kaum muslimin terus menjalankan ibadah puasa, sebab, puasa mendapat pengakuan ahli kesehatan dan WHO tidak menurunkan imunitas tubuh. Yang penting, kita tetap sahur, berbuka yang benar, istirahat yang cukup dan menjaga kebugaran tubuh. 

Sumber: Gema Baiturrahman 1/5/2020
SHARE :
 
Top