Loading...

Oleh M Subhan Amir


Politik adalah suatu cara yang di bangun demi terciptanya suatu tujuan atau cita. Aristoteles di anggap sebagai orang pertama yang memperkenalkan kata "politik" dan beliau menjelaskan bahwa hakikat kehidupan sosial adalah politik. Seiring berjalannya waktu politik dibumbui menjadi poli-tricks karena banyak intrik. 

Pihak-pihak yang berkepentingan melakukan intrik sebagai strategi yang bisa bermuara pada kebaikan dan juga keburukan namun dalam praktiknya strategi dan taktik yang digunakan adalah dengan menghalalkan berbagai cara untuk memperoleh maupun mempertahankan kekekuaan sehingga konotasi intriknya jatuh kepada keburukan 

Idealnya politik itu adalah suatu instrumen dalam  membangun gagasan dengan tujuan merealisasikan pembangunan dan kemajuan bangsa sehingga esensi politik tidak hanya sekedar berbicara kemenangan. Politik ideal tentu saja menjurus kepada politik gagasan karena politik gagasan itu bukan hanya sekedar menjadi instalasi kemewahan dalam berdemokrasi tetapi juga merupakan instrumen fundamental berdirinya bangsa Indonesia yang dibawa oleh founding fathers kita, baik soekarno, Tan Malaka, maupun Sultan syahrir. 

Melihat praktik politik yang berkembang selama ini dirasa sangat jauh dari yang namanya konsep politik ideal atau politik gagasan, dalam realita lapangan semua kandidat-kandidat yang terjun dalam kontestasi politik hanya berfokus kepada kemenangan, dan mengabaikan pasca kemenangan. 

Untuk kemajuan bangsa sudah seharusnya kita merubah konsep dasar dalam perpolitikan Indonesia, yaitu dengan mengimplementasikan konsep politik ideal dimana gagasan (visi) menjadi tolak ukur dasar penilaian dalam memberikan pilihan yang mana gagasan-gagasan itu bertujuan mewujudkan kesejahteraan dan kemajuan bangsa Indonesia bukan individu maupun kelompok kecil para politisi, peran masyarakat juga sangat diperlukan dalam implementasi konsep politik ideal ini yaitu dengan cara membangun masyarakat yang sadar politik sehingga memilih para poltisi berdasarkan gagasan yang dibawa untuk kemajuan bangsa kedepan. 
SHARE :
 
Top