Zulfahmi Hasan
LAMURIONLINE.COM | BANDA ACEH – Koordinator Program Pembangunan dan Pemberdayaan Masyarakat (P3MD) Aceh Zulfahmi Hasan mengapresiasi capaian progres Registrasi Bumdes Aceh. Pria yang akrab di sapa Pak Fahmi ini, Senin (27/07) menuturkan progres registrasi Bumdes provinsi Aceh sempat stagnan dan progresnya sangat lamban beberapa hari lalu sebagaimana pernah diberitakan beberapa media sebelumnya.

"Alhamdulillah setelah kita berikan motivasi dan juga pengawalan yang serius akhirnya progres kita meningkat drastis, ini semua berkat keseriusan dan kerja keras teman teman PLD dibantu PD dan TA kabupaten/kota masing masing serta dukungan dari pemerintah kabupaten/kota dan pemerintah kecamatan. Untuk itu atas nama Lembaga P3MD Aceh kami memberikan apresiasi dan ucapan terima kasih yang sebesar besarnya kepada teman teman semuanya" ujar Zulfahmi.

Sementara itu konsultan Pengembangan Ekonomi Lokal P3MD Aceh, Mursyidan mengatakan bahwa secara nasional saat ini tercatat sudah 37.806 Bumdes sudah melakukan registrasi.  Di Provinsi Aceh registrasi BUMDes/BUMG perhari ini Senin/27 juli 2020 sudah mencapai 4.329 atau 87,14 %, sebanyak 11 kabupaten/kota sudah mencapai 100 % registrasinya yakni kabupaten  Pidie jaya sebanyak 221 BUMG, Sabang 18 BUMG, Pidie 231 BUMG, Aceh Tamiang 196 BUMG, kota Langsa 64 BUMG, kota Banda Aceh 44 BUMG, Aceh Besar 231 BUMG, Aceh Singkil 110 BUMG, Aceh Selatan 258 BUMG, Nagan Raya 221 BUMG dan Abdya 149 BUMG. 

Mursyidan
11 kabupaten/kota ini, sebut Mursyidan sudah final 100 % melakukan registrasi semuanya, sementara itu beberapa kabupaten lainnya yang mencapai progress antara 80 sd 99 % adalah Aceh jaya, Kota Lhokseumawe, gayo Lues, Aceh Timur, Aceh Tenggara , Aceh Tengah, Aceh Barat, dan Kota Subulussalam. Sedangkan Progres registrasi BUMDes yang di bawah 80 % adalah Aceh utara 50 %, Simeulu 60 % , Bener Meriah 69 % dan Bireun 77 %

"Ini adalah keberhasilan kita Bersama, terutama sekali upaya fasilitasi di arus bawah PLD dan PD sebagai garda terdepan dalam setiap pemenuhan data maupun fasilitasi terhadap desa dan BUMDesnya, keberhasilan ini tentunya juga berkat dukungan dari teman teman TA PED yang berada di kabupaten/kota di bawah pengawalan  kami sebagai TAM Pengembagan Ekonomi Lokal di Provinsi" ujarnya.

"Strategi percepatan yang kita lakukan beberapa hari yang lalu adalah dengan memantau progres registrasi  ini setiap saat secara silang baik lewat dashboard web Bumdes Kemendesa maupun lewat progres dari lapangan yang kita minta setiap hari 2 kali baik pagi jam 10.00 WIB dan sore jam 17.00 WIB yang wajib dilaporkan kepada kami. Strategi “one day one registrasi per PLD” yang kita tawarkan juga dilaksanakan oleh para pendamping kita di lapangan, strategi ini kita wajibkan kepada PLD minimal sekali harus ada progress di desa dampingannya, tidak boleh nol progresnya." lanjut Mursyidan.


"Alhamdulillah dengan strategi  ini progres registrasi Bumdes Aceh bergerak tajam dan cepat sejak tanggal 19 Juli yang lalu, kita juga melakukan supervisi kepada para pendamping kita untuk menginformasikan kepada para Keuchik dan pengurus BUMDes di gampong gampong bahwa registrasi BUMG ini sangat penting. Hal ini akan lebih memudahkan akses Bumdes untuk mendapatkan informasi, edukasi dan berbagai forum transfer knowledge lainnya dan juga tentunya bumdes yang sudah registrasi ini  akan  di SK kan oleh bapak Menteri Desa nantinya" pungkas Mursyidan.

Selain itu, Koordinator Program Pembangunan dan Pemberdayaan Masyarakat (P3MD) Aceh, Zulfahmi Hasan juga mengungkapkan harapannya kepada seluruh pendamping agar terus mendampingi BUMDes untuk bisa lebih aktif dan inovatif dalam mengembangkan unit usahanya sesuai potensi desanya masing masing. BUMDes, sebutnya adalah sebagai wadah yang mampu merubah wajah desa, mengatasi pengangguran, mengurangi kemiskinan dan pada akhirnya mampu mewujudkan kemandirian dan kesejahteraan masyarakat desa itu sendiri. 

“Mari terus kita fasiltasi dan tulus berjuang bersama masyarakat desa, sebagai pendamping kita jangan menjadi beban bagi desa desa tapi sebaliknya kita harus tunjukkan bahwa kehadiran kita memang dibutuhkan oleh Desa” demikian Zulfahmi. (*)
SHARE :
 
Top