Loading...

dok. Akmal/Erwandi

LAMURIONLINE.COM | ACEH BESAR – Guna untuk menindaklanjuti Rencana Kerja dari Pemerintah Kabupaten Aceh Besar, Pemerintah Gampong Lamsiot Kecamatan Indrapuri, mengelar dan mengagendakan kegiatan Musyawarah Gampong (Musgam) Rencana Kerja Pemerintah Desa (RKP Desa) tahun 2021 Gampong Lamsiot bertempat di Meunasah gampong setempat, Kamis (27/08).

Agenda musyawarah ini fokus pencermatan Dokumen RPJM Gampong, adanya Tim Verifikasi dan Penyusun RKP Gampong sekaligus pembahasan prioritas rencana kegiatan pembangunan untuk tahun 2021 di Gampong Lamsiot.

Ketua BPD (Tuha Peut) Gampong Lamsiot, M Khalid dalam kesempatan itu menyampaikan harapannya agar perencanaan kegiatan pembangunan desa bisa maksimal dan sejalan dengan rencana kerja dari Pemerintah Kecamatan Indrapuri dan juga Kabupaten Aceh Besar.

“Kita hari ini bersama sama melaksanakan Musdes Perencanaan RKP Gampong tahun 2021 agar ditemukan titik temu prioritas usulan Gampong dan juga sinkronisasi perencanaan pembangunan Gampong dengan Pemerintah Kecamatan maupun Pemerintah Kabupaten,” jelasnya

Sementara itu, Keuchik Gampong Lamsiot, Rahmatullah dalam kesempatan itu menyampaikan bahwa nantinya Pemerintah Gampong Lamsiot akan membentuk Tim Verifikasi dan Penyusun RKP Gampong, guna penyelarasan program maupun kegiatan yang masuk ke gampong, pencermatan ulang dokumen RPJM Gampong, penyusunan rancangan dan daftar usulan RKP Gampong.

“Dana desa tahun 2020 telah banyak digunakan untuk penanggulangan Covid 19, maka untuk dana desa tahun 2021 akan diprioritaskan untuk kegiatan pembangunan dan harapannya agar perencanaan kegiatan pembangunan gampong bisa maksimal dan sejalan dengan rencana kerja Kabupaten Aceh Besar” kata Rahmatullah.

Sementara itu, salah satu Pendamping Lokal Desa, Erwandi sangat berharap agar RKP 2021 benar-benar menjadi prioritas warga gampong yang bisa membawa manfaat bagi semua warga khususnya warga gampong Lamsiot.

“Sesuai dengan Permendagri dan Permendes, target kita dari Juni sampai September penyusunan RKP-Desa harus tuntas,” tuturnya.













Sementara Camat Indrapuri, Dr Efendi MSi mengharapkan dengan adanya Musgam Perdana di Gampong Lamsiot, 51 gampong lainnya di kecamatan Indrapuri juga bisa melaksanakan Musgam yang serupa dalam waktu dekat sesuai dengan RKTL yang sudah ditetapkan.

Kasi PMG, Mahdi dalam sambutannya juga mengapresiasi Gampong Lamsiot atas berjalannya Musgam sesuai peraturan yang ditetapkan. Mahdi juga berharap gampong nantinya bisa memberikan prioritas untuk pemberdayaan sumber daya manusia dan peningkatan ekonomi masyarakat.

Sebelum musgam, kader KPM Gampong Lamsiot juga sudah melaksanakan rembuk stunting untuk penanganan dan pendataan stunting di gampong tersebut sesuai prioritas dana desa.

Pantauan Redaksi dalam kegiatan tersebut para peserta Musgam tetap mematuhi protokoler kesehatan dan musyawarah berjalan dengan penuh kekeluargaan

“Hasil kesepakatan dari musyawarah Gampong RKP tahun 2021 tersebut selanjutnya dituangkan dalam berita acara dan selanjutnya Keuchik Gampong Lamsiot mengarahkan tim verifikasi dan penyusun RKP-Gampong melakukan perbaikan dokumen rancangan RKP-Gampong berdasarkan hasil kesepakatan musyawarah, rancangan RKP-Gampong menjadi lampiran Rancangan Peraturan Gampong tentang RKP Gampong, Keuchik Gampong menyusun rancangan Perdes RKP Gampong yang akan dibahas dan disepakati bersama oleh Keuchik dan Tuha Peut untuk ditetapkan menjadi Peraturan Desa RKP Desa,” ucap Drh Iqrawati selaku Tenaga Ahli (TA) Kabupaten saat memberikan pengarahan dalam kegiatan tersebut.

Turut hadir dalam kegiatan tersebut antara lain Muspika Indrapuri, Babinsa Gampong Lamsiot, Tuha Peut Gampong, TA Kabupaten, Ir Irfan Ibrahim, sejumlah Pendamping Desa, Perangkat Gampong Lamsiot, Perwakilan dari elemen masyarakat serta Kepala Dusun Lamsiot. 

Editor: Cek Abrar
SHARE :
 
Top