LAMURIONLINE.COM | BANDA ACEH - Dalam menyambut hari santri, Penerbit Bandar Publishing merilis buku terbarunya yang berjudul “Menapak Jejak: Abuya Teungku Syekh H Zamzami Syam: Ulama, Dai, Guru dan Politikus”, yang ditulis oleh Sadri Ondang Jaya, Kamis (22/10) di Lamgugob, Banda Aceh.

“Kami baru saja membiayai penerbitan dan percetakan buku biografi dayah dayah. Buku ini mulai besok sudah beredar, semoga memperkaya literasi perbukuan di Aceh. Buku ini sangat layak dibaca dan dimiliki oleh santri, mahasiswa, dan para dai, para guru, pemimpin, politikus, kalangan lain bahkan ulama” Ujar Masyitah, Manager Bandar Publishing.

Menurut Masyitah, narasi bukunya yang ditulis Sadri Ondang enak dibaca oleh berbagai kalangan, yang diselipkan juga ayat-ayat Alquran dan Hadis yang kontekstual.

Sementara itu, penulis buku Sadri Ondang Jaya mengatakan, buku yang ditulis sebagian isinya mengisahkan tentang eksisten dan kiprah Abuya Teungku Syekh H Zamzami Syam dalam mendidik, berdakwah, dan sebagai politikus.

"Buku ini memaparkan dengan jernih liku-liku dan perjuangan Abuya H Zamzami Syam selaku ulama dalam berdakwa, mendidik, termasuk menjadi politikus," ujar Sadri.

Sebagaimana lazimnya buku biografi juga memaparkan, tentang riwayat hidup, seperti kelahiran, hidup dari masa kecil hingga akhir hayat, pernak-pernik hidup, dinamika saat menuntut ilmu, dan falsafah hidup.

Selain itu, buku biografi ulama tersohor di Aceh ini memuat pula tentang moralitas dan keteladanan yang perlu dicontoh oleh siapa saja yang berkeinginan menjadi insan salihin.

buku yang ditulis mantan wartawan Serambi Indonesia ini sangat cocok dijadikan "kado" hari santri yang dirayakan tanggal 22 Oktober tahun ini.

Karena isi buku ini juga dengan gamblang mencerita daya upaya membangun pesantren dan gelimang kehidupan santri di pesantren itu.

Sadri Ondang Jaya lahir di Gosong Telaga Selatan, Singkil Utara, Aceh Singkil pada tanggal 12 Agustus 1969. Pengurus NU Aceh Singkil yang juga suami dari Eva Rinawati, ayah dari Muhammad Hadi Akbar dan Muhammad Faiz Nabilla ini, pernah mengecap pendidikan di SMP Negeri satu Singkil, MTsh dan Pesantren Darul Hasanah Syekh Abdurrauf, SPG Negeri Tapaktuan dan FKIP Unsyiah Banda Aceh.[smh/rel]

SHARE :

0 facebook:

Post a Comment

 
Top