LAMURIONLINE.COM | ACEH BESAR - Keuchik Gampong Garot Kecamatan Darul Imarah Aceh Besar Teddy Helvan, SE sejak dipercaya menjadi Keuchik pada tahun 2019 lalu ingin melakukan suatu terobosan dalam hal penataan kawasan sungai Krueng Daroy yang terletak dikawasan keutapang.

"Saat itu, kondisi sungai kecil dan dipenuhi dengan sampah2  sehingga harus dinormalisasi agar alirannya lancar dan tidak terhambat karena penebalan sendimen tanah lumpur" ujar Teddy, Rabu (21/10).

Sehingga pada Desember 2019, Ia menyurati pihak Balai Kawasan Sungai Sumatera I Aceh untuk dilakukan pemeliharaan Krueng Daroy.

Ternyata musibah datang lebih dulu sebelum proses itu dilakukan. Yaitu meluapnya air sungai hingga membanjiri rumah warga pada bulan Mei 2020. Peristiwa ini menjadi pemicu agar normalisasi harus segera dikerjakan.

"Awal September kemaren, BWS Aceh mulai merencanakan pembersihan dan pengerukan Krueng Daroy dari Garot - Lambheu hingga Geuceu Komplek," ungkap Teddy.

Ia kini mengaku bersyukur atas kerja sama yang baik dengan Balai Wilayah Sumatera I yang telah menyahuti kepentingan masyarakatnya. Untuk itu mewakili masyarakat Garut, Ia mengucapkan terima kasih dan memohon dukungan semua pihak untuk melakukan pengelolaan lainnya seperti persoalan sampah.

"Terima Kasih atas dukungannya, selanjutnya kita bersama masyarakat akan mencoba lakukan pengelolaan sampah," tutupnya.

Upaya yang dilakukan Keuchik Garot ini adalah dalam rangka mewujudkan tata kelola kehidupan bermasyarakat demi mewujudkan visi dan misi Bupati dan Wakil Bupati Aceh Besar. (sirath/rel)

SHARE :
 
Top