LAMURIONLINE.COM I BANDA ACEH - Mahasiswa Program Pendidikan Profesi Guru (PPG) dalam jabatan Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) Universtas Syiah Kuala, baru menyelesaikan Uji Kinerja (UKin) secara online, 27 November 2020.  PPG angkatan 2 tahun 2020 ini diikuti oleh 152 mahasiswa dari enam bidang studi yaitu Bahasa Inggris, Biologi, Ekonomi, Fisika, Kimia, dan PPKn.

Penilaian UKin terdiri dari penilaian portofolio, rencana pelaksanaan pembelajaran (RPP) dan pelaksanaan pembelajaran. Setiap mahasiswa diuji oleh dua penguji, yaitu seorang dosen dan seorang guru.

Salah seorang penguji UKin untuk bidang studi kimia adalah Nurchaili, S.Pd.,M.Kom. Guru kimia MAN 4 Aceh Besar ini telah dinyatakan lulus sebagai penguji UKin setelah mengikuti kegiatan penyegaran Calon Penguji UKin PPG 2020 yang berlangsung secara virtual melalui aplikasi Zoom Meeting, Sabtu (7/11/2020).

Peserta yang berhak mengikuti kegiatan ini adalah guru dan dosen yang telah memiliki Nomor Register Penguji (NRP). Nurchaili menjadi satu-satunya guru dibawah binaan Kementerian Agama yang diberi kepercayaan dan dinyatakan lulus sebagai penguji UKin bidang studi kimia. Ia sebelumnya sejak tahun 2011 telah menjadi guru pamong PPG FKIP Unsyiah dan telah memiliki NRP sejak tahun 2018.

UKin portofolio merupakan bentuk penyesuaian baru yang belum pernah dilaksanakan dalam PPG tahun sebelumnya. UKin Portofolio bertujuan untuk menilai capaian pembelajaran ketujuh (CP 7) yaitu mampu mengembangkan diri secara berkelanjutan sebagai guru profesional berupa isian deskripsi diri disertai bukti-bukti fisik yang diperlukan. Berkas portofolio merupakan bukti Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan (PKB) sebagai guru profesional melalui penelitian, refleksi diri, pencarian informasi baru, dan inovasi. (*)

SHARE :
 
Top