LAMURIONLINE.COM I ACEH - Sebanyak 100 santri mengikuti pembukaan Perkemahan Pramuka Saka Wira Kartika dilaksanakan Senin (14/12) di Lapangan Bola Dayah Ruhul Islam Anak Bangsa (RIAB) dengan tema "TNI AD Melalui Perkemahan Pramuka Saka Wira  Kartika Terpusat Tingkat Daerah Membentuk Generasi Muda Yang Berwawasan Kebangsaan dan Memiliki Semangat Bela Negara."

Selain santri RIAB ada Dewan Penggerak Saka Wira Kartika yang berjumlah 21 orang yang merupakan anggota pramuka yang dipilih dan dilantik langsung oleh TNI AD Kodam Iskandar Muda. 

Tardi selaku Penyelenggara menjelaskan, acara rutin ini biasanya diadakan di Kota Jantho, namun saat pandemi dilakukan di kompleks pesantren yang dianggap baik dan maju dan hal kepramukaan, salah satunya dalah RIAB setelah sebelumnya sudah lebih dahulu dilaksanakan di Pesantren Al-Manar.

Perkemahan Pramuka Saka Wira Kartika Terpusat Tingkat Daerah Kodam Iskandar Muda TA 2020 akan berlangsung selama empat hari. Adapun materi-materi yang akan diberikan di antaranya, pengetahuan dasar kepramukaan, praktek lima krida saka wira kartika, pengetahuan tentang bahaya Covid-19 dan cara penanggulanggannya,  out bound, api unggun dan karya bakti. 

"Tujuan dari penyelenggaraan kegiatan ini adalah untuk membina dan membentuk generasi muda bangsa Indonesia yang berkepribadian, berakhlak mulia,  disiplin, terampil, dan berjiwa kesatria serta memiliki rasa cinta tanah air yang berlandaskan ke-Bhineka Tunggal Ika-an dengan semangat bernegara." kata Yusri selaku pembina Perkemahan Pramuka Saka Wira Kartika. 



"Dengan waktu yang sangat singkat ini kami mengharapkan kepada peserta agar semangat serta berupaya menguasai pengetahuan dan keterampilan yang diberikan agar mampu menjadi bagian dari masyarakat yang mampu berkarya membangun diri, keluarga dan masyarakat." sebut Pimpinan Saka Wira Kartika Kodam Iskandar Muda, Lobby Suryadi 

Sementara Kepala Madrasah RIAB, Kusnadi berpesan agar tidak menyia-nyiakan kegiatan ini, santri mampu menjadi pribadi yang lebih baik, lebih mandiri, berakhlak dan mencintai negara Republik Indonesia ini. Ia juga berharap pramuka di RIAB lebih baik kedepannya. 

Kontributor: Muhammad Rizki

SHARE :
 
Top