LAMURIONLINE.COM | JAKARTA - Wakil rakyat Aceh di Komisi IV DPR RI, H Irmawan yang menjadi juru bicara Fraksi PKB dalam Rapat Kerja bersama Kementerian Pertanian (Kemetan),  meminta agar Kementerian Pertanian  mengalokasikan program yang  dapat disalurkan ke pondok-pondok pesantren. 

Pondok pesantren merupakan salah satu sektor yang paling terdampak dari pandemi covid 19

"Sebagai contoh, Program Pekarangan Pangan Lestari (P2L) di Badan Ketahanan Pangan, alokasikan ternak ayam, bebek, kambing, dan lain-lain,  Itu semua dapat dikelola dengan baik di pesantren-pesantren agrikultur, baik yang ada di Jawa maupun di luar Jawa,"  kata Irmawan, Senin (8/2).

Begitu juga program bantuan benih dan bibit untuk pondok pesantren secara programatik,  sangat membantu meningkatkan cadangan pangan yang sering mengalami kelangkaan dan fluktuasi harga di pesantren-pesantren dan masyarakat sekitarnya, ujarnya. 

Selain berkontribusi terhadap ketahanan pangan nasional, menurut Irmawan, program ini juga  dapat menyerap angkatan kerja baru dan mendorong petani-petani muda masa depan.

"Kami melihat dari masing-masing dirjen dalam kementerian pertanian banyak mengalokasikan bantuan bibit, maka kami berharap program ini agar dapat direalisasikan secepatnya dan dapat disesuaikan dengan kondisi musim tanam" ujar Irmawan. (munawar/rel)

SHARE :
 
Top