LAMURIONLINE.COM | ACEH - Santri Dayah Darul Quran Aceh (DQA), Azfa Ferza Akbar (17) akan mengikuti Musabaqah Hafalan Alquran dan Hadits (MHQH) Pangeran Sultan bin Abdul Aziz Alu Su'ud ke XIII untuk tingkat nasional, yang dijadwalkan berlangsung mulai 22-25 Maret 2021, di Hotel Millenium, Jl. H. Fachrudin No 3 Kampung Bali, Jakarta Pusat. 

Putra dari pasangan Ahmad Azmisyah dan Ayudia Rahmatna ini akan mengikuti cabang hafalan 15 juz pada MHQH tingkat nasional tersebut. Ia merupakan siswa kelas 1 SMA di Dayah DQA dan saat ini sudah mempunyai hafalan 24 juz Alquran.

Hal tersebut disampaikan oleh Wakasek Bidang Talimul Quran Dayah DQA, Ustaz Teuku Muhammad Abduh, Minggu (21/03).

Ustaz Abduh mengatakan dalam MHQH tingkat nasional tersebut ada empat kategori lomba hafalan Alquran yaitu 10 juz, 15 juz, 20 juz, dan 30 juz serta satu kategori hafalan hadis. Dan diikuti oleh 120 peserta dari seluruh Indonesia.

Ia menambahkan para peserta tersebut sebelumnya telah dinyatakan lulus verifikasi berkas sesuai dengan surat dari panitia pelaksana MHQH Nomor : 005/MHQH-PS/Nas.XIII/03/2021, Perihal: Surat Panggilan, tanggal 15 Maret 2021.  Berkas yang diverifikasi diantaranya KTP, KK, surat rekomendasi, sertifikat prestasi dan video tilawah durasi 5 menit. 

Dalam surat tersebut juga disebutkan check in peserta pada tanggal 22 Maret mulai 12.00 WIB. Selain itu peserta wajib membawa surat pengantar atau rekomendasi dari lembaga yang mengutus, KTP, boarding pass pesawat dan surat hasil test antigen.

“Insha Allah, saya yang mendampingi Azfa Ferza Akbar selama bertanding. Kami akan berangkat Senin, 22 Maret 2021 melalui Bandara Sultan Iskandar Muda. Alhamdulillah, hingga saat ini untuk persiapannya sudah sangat maksimal. Dari itu  mohon doa yang tulus dari semua lapisan masyarakat Aceh agar bisa tampil sempurna dan masuk final,” kata Ustaz Abduh.

Sementara itu Direktur Dayah DQA, Ustaz Hajarul Akbar Al Hafiz MA mengatakan rasa bangga, bersyukur dan sangat mengapresisasi atas prestasi santri binaannya tersebut sehingga dapat membawa nama Aceh di tingkat nasional.

“Ini prestasi yang membanggakan dan atas nama Keluarga Besar Dayah DQA, kami bersyukur atas terpilihnya santri kita untuk mewakili Aceh ke tingkat nasional. Dan kami juga berharap agar ananda Azfa Ferza Akbar mempersiapkan diri sebaik mungkin, sehingga mampu menorehkan prestasi dalam ajang akbar nasional tahunan ini. Semoga dimudahkan,” pungkas Ustaz Hajarul Akbar. (murdani/rel)


Profil

Nama lengkap : Azfa Ferza Akbar

TTL : Banda Aceh,27 Oktober 2004

Alamat : Jln Pangraed VIII No.10 Ie Masen Kaye Adang, Kec.Syiah Kuala Banda Aceh

Orang tua: Ahmad Azmisyah - Ayudia Rahmatna

Prestasi

1. Juara harapan 3 putra Tahfidz 10 juz Tingkat Kabupaten Serang thn 2019

2. Juara 3 putra Tahfidz 10 juz Tingkat Kecamatan Syiah Kuala Kota Banda Aceh thn 2018

3. Juara 1 putra Tahfidz 10 juz MUQAS ke IV se Aceh thn 2018

SHARE :

0 facebook:

Post a Comment

 
Top