LAMURIONLINE.COM I ACEH BESAR - Bunda Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) Aceh Besar Hj Rahmah Abdullah SH membuka recara resmi lomba mewarnai TK dan PAUD se-Kabupaten Aceh Besar dengan tema "Anak Aceh Besar Berkreasi" yang diselenggarakan oleh Ikatan Wanita Pengusaha Indonesia (IWAPI) Kabupaten Aceh Besar, bertempat di Gedung Dekranasda Aceh Besar, Ingin Jaya, Jumat (2/4) 

Dalam sambutannya, Bunda PAUD Aceh Besar, menyampaikan, ini hanyalah sebuah lomba, menang atau tidak jangan sampai menjadi sebuah bumerang terhadap anak. 

"Maka, kepada orang tua, jangan sampai karena ego kita sebagai orangtua, nanti mereka menjadi sasaran kemarahan kita karena anak kita tidak menang. Padahal sebagai orang tua harus bersyukur apabila mereka sudah mau berkreasi dan itu sangat luar biasa," ujarnya. 

Ia menekankan kepada para orangtua agar memberikan perhatian serius kepada anak sebagai generasi emas. Hal itu terkait dengan fenomena perkembangan teknologi dan informasi. 

"Kita para orang tua harus serius dalam memberikan perhatian terhadap anak sebagai generasi emas. Karena, fenomena perkembangan teknologi informasi saat ini bisa jadi hal yang mengkhawatirkan terhadap pertumbuhan anak,"pintanya 





Menurut istri orang nomor satu di Kabupaten Aceh Besar, bila orangtua lengah dalam mengawasi pertumbuhan dan perkembangan anak, bisa jadi mereka akan terjerumus terhadap pergaulan bebas nanti. 

"Jadi, mulai dari sekarang anak-anak ini harus  dibimbing, dibina dan diayomi serta diberikan pendidikan karakter agar kelak mereka memiliki akhlak yang baik," pintanya. 

Selain itu, dengan kemajuan teknologi saat ini, ruang lingkup bermain anak sudah terbatas dan bisa dibilang sudah hilang. Karena anak-anak kita sekarang sudah terpengaruh dengan teknologi gadget dan media sosial. 

"Nah, bagaimana cara mengatasi hal itu, saya menyarankan kepada IWAPI. Untuk kedepan, Coba gelar permainan tradisional dan itu tidak membutuhkan biaya yang besar. Manfaat permainan tradisional tersebut sangatlah besar, karena sebagian besar permainan dilakukan secara berkelompok sehingga anak-anak dapat bersosialisasi dengan teman-teman, lingkungan sekitar, menumbuhkan kerja sama, sportivitas," katanya. 

Sementara itu, ketua panitia Lilis Suryani, menyampaikan, kenapa kami mengambil tema ini dengan harapan anak-anak diseluruh dunia khususnya anak-anak Aceh Besar yang mengikuti perlombaan ini dapat meningkatkan kecerdasan mereka melalui kreativitas. 

"Jadi, biarkan mereka menyalurkan kreativitas melalui perlombaan mewarnai hari ini, karena setiap anak berhak bahagia dan bersenang-senang," imbuhnya 

Lebih lanjut, biarkan mereka menikmati hidup seusia mereka. 

"Kepada Anak-anak peserta lomba, hari adalah hari yang kami khususkan untuk kalian, semoga kalian dapat menikmatinya dan dapat membantu melatih kemandirian kalian. Karena, harapan kami kepada kalian sangat besar sebagai generasi penurus bangsa,"tutup 

Media Center Aceh Besar

SHARE :
 
Top