lamurionline.com -- Banda Aceh : Badan Permusyawaratan Kampung (BP Kam) atau tuha peut  gampong dari 6 Kecamatan di Aceh Singkil mendapatkan orientasi dan bimbingan teknis dengan narasumber dari Gampong Tumbo Baro (Gampong terbaik Provinsi Aceh tahun 2018) di Hotel Grand Permata Hati Banda Aceh, minggu (30/5).



Dalam perencanaan sebelumnya sebanyak 65  tuha peut dari Aceh Singkil akan melakukan orientasi lapangan langsung ke Gampong Tumbo Baro Aceh Besar, akan tetapi kondisi wilayah Aceh Besar berada dalam zona merah pandemi covid-19 akhirnya para narasumber yang langsung hadir ke forum Bimtek BP Kam/tuha peut.

Tampil sebagai narasumber dari Tumbo Baro H Khalid Wardana SAg MSi (keuchik periode 2015-2021), Drs Bustaman (Tuha Peut) dan Ikhsan SPd MPd (sekretaris gampong).

Para peserta sangat antusias mengikuti materi tentang tata kelola pemerintahan desa dan membangun kemitraan antara BP Kam dan aparatur desa.

H Khalid Wardana yang menyampaikan pengalaman dalam memimpin desa sehingga menjadi desa yang sukses mengajak para tuha peut/BP Kam untuk melaksanakan tugas dan kewenangan sesuai dengan tupoksinya dan membangun komunikasi yang baik dengan kepala desa dan aparatur desa.

Dengan sistem transparansi, akuntabilitas dan manajemen pengelolaan pemerintahan yang baik pasti akan terwujud harapan sesuai dengan keinginan masyarakat.



Beberapa anggota BP Kam mengeluhkan sistem tata kelola pemerintahan yang tertutup bahkan mengabaikan aturan aturan yang berlaku.

Terhadap kondisi tersebut H Khalid Wardana mengajak para BP Kam untuk menggunakan kewenangan yang di miliki dan harus mampu memperbaiki sistem pemerintahan ke arah yang lebih baik sehingga tidak merugikan masyarakat. (Cek Man)

SHARE :

0 facebook:

Post a Comment

 
Top