LAMURIONLINE.COM | ACEH - Dalam rangka menyambut hari kemerdekaan RI ke 76, Dewan Pimpinan Daerah Barisan Pemuda Nusantara (Bapera) Aceh kembali melaksanakan kegiatan Donor Darah di Kantor Bapera Aceh, Jalan T Panglima Nyak Makam, Banda Aceh, Sabtu (7/8).

Ketua Harian Bapera Aceh, Zikrullah Ibna menyebutkan bahwa kegiatan tersebut sebagai bentuk kepedulian Bapera dalam bidang kemanusiaan.

"Kegiatan ini juga sesuai dengan arahan dan semangat Ketua Umum Bapera H. Fahd Arafiq pada awal pendirian Bapera," ungkap Zikrullah Ibna.

Zikrullah Ibna yang akrab disapa Zikri, menjelaskan bahwa kegiatan yang dimulai dari pukul 9 pagi itu berjalan dengan baik dan lancar, dari 50 peserta yang hadir, bisa terkumpul 21 kantong darah.

Peserta yang gagal donor tersebut dikarenakan baru selesai vaksin, kurang HB dan kendala lainnya yang secara medis memang tidak bisa donor. 

Ia menjelaskan bahwa peserta donor tidak hanya dari pengurus Bapera Aceh saja, juga terdapat masyarakat umum yang memang memanfaatkan kesempatan untuk berdonor di Bapera. 

"Ada yang membuat kami bahagia hari ini, dimana terdapat salah satu pengurus Bapera Aceh, Murtaza yang begitu bersemangat untuk donor, namun diminta pending oleh petugas PMI Banda Aceh. Hal tersebut dikarenakan beliau golongan darah (A-) yang menurut petugas memang tidak lazim didapati," tambahnya.


Pada kesempatan itu juga petugas PMI langsung menjembatani komunikasi dengan salah satu balita yang selama ini sudah menjadi pasien tetap PMI Banda Aceh, pasien thalasemia dan menyarankan pengurus Bapera agar menjadi orang tua asuh untuk anak tersebut. 

Menurut Zikri kegiatan donor darah tersebut sudah menjadi agenda rutin antara Bapera Aceh dan PMI Kota Banda Aceh setiap dua bulan.

"Kami berharap ke depannya lebih banyak lagi masyarakat atau lembaga yang memanfaatkan kegiatan ini untuk berdonor bersama. Semoga apa yang kami lakukan hari ini menjadi sesuatu yang bermanfaat untuk masyarakat,"  pungkas Zikri. (murdani/rel)

SHARE :
 
Top