lamurionline.com -- Kota Jantho : Pemerintah Kabupaten Aceh Besar melalui Dinas Sosial Aceh Besar mengantar seorang lansia yang bernama Imam Kurdi 84 tahun asal Pekalongan Jawa tengah,   tanpa sanak saudara ke Rumah Sakit Meuraxa, Kota Banda Banda Aceh karena dilaporkan sakit pada, Sabtu, (7/8/2021), untuk menjalani perawatan. Seperti laporan 





Kepala Dinas Sosial Aceh Besar Bahrul Jamil SSos Msi melalui  Kasi Rehsos Anak dan Lanjut Usia Dinas Sosial Aceh Besar, Bersama Pilar-pilar Sosial, menurut Oji Syahrurazie anggota SLRT dan Liza Fitria anggota TKSK Kecamatan Darul Imarah,  lansia tersebut sudah menetap di Aceh selama 17 tahun ,beliau sering singgah dari satu makam kemakam yang lain termasuk makam Syiah Kuala ,serta mesjid ke mesjid.  Layli Fiana, AKS, mengatakan, lansia tersebut tidak memiliki kartu identitas apapun, sebelumnya lansia sebatang kara itu juga tinggal di masjid diseputaran Keudah Kota Banda Aceh. "Maka sesuai dengan arahan pak Kadis kami langsung bergerak membawa kakek tersebut ke rumah sakit Meuraxa," katanya. 

Layli menjelaskan, karena kondisi lansia tersebut tidak memiliki identitas maka Dinas Sosial telah membuatkan Kartu Keluarga (KK) agar mendapatkan akses kesehatan. 

"Alhamdulillah pada hari Kamis yang lalu administasi kependudikan berupa KK lansia tersebut sudah ada, selain itu Dinsos Provinsi juga sudah melakukan assesment agar kakek tersebut dapat dirujuk langsung ke panti jompo, namun karena kondisinya sakit maka tidak bisa dirujuk dan kita obati dulu," terangnya kepada Wartawan.

Ia juga menceritakan, bahwa sebelumnya sang kakek sebatang kara itu, tinggal di masjid diseputaran keudah Kota Banda Aceh, namun karena kondisinya sedang sakit maka marbot meminta kepada warga untuk menolong kakek tersebut, hingga ada suami dari ibu Rayana warga Tingkeum Kecamatan Darul Imarah yang menolongnya. 

"Karena kondisi sakitnya yang semakin parah maka keluarga bu Rayana menghubungi Dinas Sosial Kota Banda Aceh, namun karena domisili ibu Rayana di Aceh Besar, kemudian Dinsos Kota Banda Aceh mengarahkan ke Dinsos Aceh Besar," ujarnya. 

Selanjutnya, atas laporan tersebut Dinas Sosial Aceh Besar bergegas untuk melakukan perawatan darurat untuk dirujuk ke rumah sakit. "Atas laporan tersebut, kami langsung melakukan penjemputan dan membawa lansia tersebut ke rumah sakit terdekat," demikian kata Laily. (Dinsos Abes)

SHARE :
 
Top