LAMURIONLINE.COM I MALANG - Dalam rangka meningkatkan mutu pendidikan Madrasah Aliyah Negeri 4 Aceh Besar melakukan Study Banding ke MAN 2 Kota Malang. Jumat, (8/10/2021. 

Rombongan MAN 4 Aceh Besar disambut langsung oleh kepala MAN 2 Kota Malang  Drs H. Mohammad Husnan, M.Pd diruang kerjanya. 

Kepala MAN 4 Aceh Besar Hj Nuranifah, S.Ag, M.Pd dalam sambutannya mengatakan maksud dan tujuan study banding serta memperkuat kerjasama dengan MAN 2 Kota Malang untuk meningkatkan mutu pendidikan. 

Kami tau MAN 2 Kota Malang banyak prestasi yang diperoleh oleh siswa, selain itu juga kami melihat secara nasional MAN 2 Kota Malang menjadi Madrasah unggul di Kemenag. Kami datang kesini untuk belajar, apa yang telah diterapkan di MAN 2 Kota Malang dapat kami ambil dan terapkan di madrasah kami, semoga Madrasah Mandiri Berprestasi dapat sama-sama kita wujudkan. Ucap Nuranifah. 

Dalam kunjungan itu, kedua Madrasah melakukan Tanda Tangan Kerja sama, Penandatanganan ini kami berharap bukan sekedar hanya tertuang dalam bentuk tulisan, tapi adanya saling tukar pengalaman, bagaimana cara guru disini membimbing siswa sehingga dapat juara sampai ketingkat nasional dan internasional dapat berbagi dengan kami, dan kami juga berharap kepala dan guru berprestasi MAN 2 Kota Malang berkunjung ke madrasah kami. Kata Nuranifah. 

Kepala MAN 2 Kota Malang Drs. H. Mohammad Husnan, M.Pd menyambut gembira atas kedatangan tim MAN 4 Aceh Besar ke madrasah yang dipimpinnya. Dalam sambutannya sambil memaparkan garis besar program madrasah melalui slide presentasi menjelaskan program MAN 2 Kota Malang dengan sebutan program "Madu Manja" (MAN 2 Menjelajah Dunia) dan mewujudkan madrasah yang bertaraf (akreditasi) Internasional. Kata Husnan.

untuk mencapai semua prestasi tersebut perlu adanya sinergisitas semua warga madrasah, keuletan dan kegigihan para guru serta sarana pendukung yang memadai keberhasilan prestasi siswa akan terwujud. Ucap Husnan. 

Semua pihak kita libatkan dalam setiap kegiatan terutama dalam mewujudkan prestasi siswa. Selain guru, keterlibatan alumni berprestasi juga sangat dibutuhkan untuk membimbing siswa disaat mengikuti event kegiatan, baik itu skala nasional dan internasional. Terbukti sampai saat ini para alumni selalu datang ke madrasah untuk membimbing siswa. Kata Husnan. 

Alhamdulillah dengan kerja keras dan dukungan semua pihak warga madrasah, stek holder, mulai tahun 2014 sampai sekarang MAN 2 Kota malang mendapatkan anugrah yang luar biasa dengan perolehan medali baik tingkat nasional maupun internasional. Bahkan 2018 dan 2020 MAN 2 Kota Malang meraih medali terbanyak sekaligus juara umum pada Olimpiade Sains Nasional (OSN) dan Kompetisi Sains Nasional (KSN).

MAN 2 Kota Malang fokus pada kegiatan yang dilaksanakan oleh Dirjen KSKK terutama di bidang Myres dan KSM. Pengembangan untuk menuju prestasi siswa dan menjadikan madrasah unggul kita kuatkan pembinaan siswa pada kedua bidang tersebut. Kenapa ke 2 bidang tersebut menjadi fokus pembinaan karena sebelumnya kita telah membuat pemetaan dan analisis terhadap kemampuan siswa MAN 2 Kota Malang. Ucap Husnan. 

Lanjut Husnan, untuk mendapat bantuan dalam menunjang prestasi siswa dari Kemenag, menurutnya siswa madrasah perlu berhasil dan mendapat juara pada setiap kegiatan yang diselenggarakan Dirjen KSK kemenag RI ataupun kegiatan yang bersifat internasional. Seperti contoh gedung Laboratorium Olimpiade Sains yang dibangun Kemenag RI, karena siswa MAN 2 Kota Malang telah menunjukkan prestasinya. 

"Berhasil dan dapat juara dulu Agar mudah mendapatkan bantuan dari Kemenag", Jelas Husnan. 

Hadir dari MAN 4 Aceh Besar saat study banding Waka Humas Sri Mulyanur S.Pd.I, Guru Pembimbing Riset Ismail, S.Pd.I, M.Ag dan Eva Maulida, S.Pd. M.Pd, serta Pembina OSIM Musiarifsyah Putra, S.Pd.I., didampingi Kasi Penmad Kemenag Kabupaten Aceh Besar Suryadi, S.Ag. (ms)

SHARE :
 
Top