lamurionline.com -- Lhoknga : Aceh Besar memetik kemenangan perdana grup B Prakualifikasi Pekan Olahraga Aceh (Pra PORA) III/2021 cabang sepakbola, dengan skor 1 – 0 atas Sabang, di lapangan Carlos, Lhoknga, Rabu (3/11/2021) sore.

Pertandingan perdana sepakbola Pra PORA, grup B, Aceh Besar (merah-putih) melawan Sabang di Lapangan Carlos, Lhoknga, Aceh Besar, Rabu (3/11/2021). Foto : SDM.




Gol kemenangan bagi bagi Tim Aceh Besar dicetak Arjun menit ke-65. Dengan kemenangan tersebut, pasukan Wahyu telah mengumpulkan poin tiga di laga perdana ini.

Aceh Besar dan Sabang tampil dengan permainan saling menyerang dalam pertandingan ini.

Aceh Besar sebagai tuan rumah Grup B berlangsung di Lapangan Carlos, Lhoknga Aceh Besar, 3 – 8 November 2021.

Di grup B ini bercokol Aceh Besar (tuan rumah), Pidie Jaya, Sabang, Banda Aceh dan Aceh Barat.

Dimulainya Pra PORA grup B ini ditandai dengan penyerahan bola kepada wasit oleh Sekda Aceh Besar, Sulaimi.

Cikal Bakal Pemain PON

Sementara itu, Ketua Umum KONI Aceh, Muzakir Manaf yang diwakili Ketua Harian, Kamaruddin Abubakar atau Abu Razak mengharapkan, seluruh pemain yang memperkuat tim kabupaten/kota pada Pra PORA ini dapat memperlihatkan kemampuan terbaik.

Abu Razak mengatakan, para pemain yang tampil kompetisi ini merupakan cikal bakal bakal pemain PON Aceh-Sumut tahun 2024.

“Sepakbola Aceh punya potensi, mudah-mudahhan, lewat program PSSI Aceh, Askab/Askot PSSI kabupaten/ kota dan klub, sepakbola Aceh dapat meraih prestasi lebih baik lagi dari PON Papua pada PON XXI/2024 Aceh – Sumatera Utara.

Sebutnya, pemerintah dan KONI Aceh akan menjaring atlet untuk persiapan PON 2024 mulai dari Pra PORA dan PORA XIV/2022 di Pidie.

Enam Tim Lolos PORA

Ketua Umum Asprov PSSI Aceh, Nazir Adam mengatakan, Pra PORA III sebagai ajang perebutan tiket bertanding di PORA Pidie.

Katanya, Pra PORA diikuti 20 tim kabupaten/kota yang dibagi dalam empat grup A, B, C dan D (lihat daftar grup). Hanya Aceh Jaya yang tidak ikut.

Dijelaskannya, prakualifikasi ini memperebutkan enam tiket. Empat tim di antaranya yaitu juara grup langsung lolos dan ranner-up grup dilakukan play-of untuk menentukan tiket dua tim lagi ke PORA.

Nazir Adam menyebutkan pada PORA nanti ada delapan tim yaitu tuan rumah Pidie, juara PORA XIII/2018 Lhokseumawe dan enam tim yang lolos hasil Pra PORA.

Sementara itu delegate sepakbola Pra PORA, Zakaria, S.Pd, M.Si menimpali, tim Aceh Jaya tidak ikut karena kepengurusannya vakum, sehingga tidak siap untuk untuk mengirimkan tim ke Pra PORA.

Katanya, para pemain yang tampil di Pra PORA kelahiran 1 Januaria 2001.

“Empat tim, Juara masing-masing grup langsung lolos ke PORA, sedangkan runner-up dilakukan play-of untuk menentukan dua tim lagi ke PORA. Play-of kemungkinan akan didrawing lagi,” katanya.

Target Lolos PORA

Ketua panitia Grup B, Muslim MS yang juga Ketua Askab PSSI Aceh Besar mengatakan, pihak nya akan berusaha maksimal melaksanakan prakualifikasi dengan sebaik-baiknya dan sukses mulai dari awal hingga akhir.

Muslim menyebutkan, selain sukses sebagai penyelenggara juga berupaya tim Aceh Besar bisa langsung lolos ke PORA dengan juara grup. “Terget kita lolos PORA,” katanya.

Katanya, pelaksanaan Pra PORA grup B yang digelar di Lapangan Carlos ini mengikuti protokol kesehatan (Prokes) cegah Covid-19, sehingga mulai hari kedua, pertandingan tertutup tanpa penonton.

Pembukaan Pra PORA ini turut dihadiri Ketua Umum KONI Aceh Besar, Muhibuddin Ibrahim atau Ucok Sibreh.

Pembagian Grup 

Grup A

Tuan Rumah, Aceh Singkil, 8 – 15 November 2021

1. Aceh Singkil

2. Simeulue

3. Aceh Selatan

4. Subulussalam

5. Nagan Raya

Grup B

Tuan Rumah, Aceh Besar, 3 – 8 November

1. Aceh Besar

2. Pidie Jaya

3. Sabang

4. Banda Aceh

5. Aceh Barat

Grup C

Tuan Rumah Gayo Lues, 9 – 15 November

1. Gayo Lues

2. Aceh Tenggara

3. Aceh Barat Daya

4. Bener Meriah

5. Aceh Tengah

Grup D

Tuan Rumah Langsa, 9 – 15 November

1. Langsa

2. Aceh Tamiang

3. Aceh Timur

4. Aceh Utara

5. Bireuen

(SDM).

SHARE :
 
Top