lamurionline.com -- Meulaboh – Badan Komunikasi Pemuda Remaja Masjid Indonesia (BKPRMI) Kabupaten Aceh Barat melatih puluhan remaja di daerah itu sebagai upaya untuk meningkatkan kapasitas remaja masjid, sekaligus memakmurkan setiap masjid.



Ketua DPD BKPRMI Aceh Barat Tgk Mawardi Basyah, di Meulaboh, Jumat (12/11/2021) mengatakan, pelatihan tersebut dilaksanakan bertujuan agar remaja masjid memiliki kemampuan dan ilmu pengetahuan dalam melaksanakan tugasnya di masjid agar menjadi panutan di masyarakat.

“Pelatihan ini dilaksanakan sebagai upaya untuk memberikan kontribusi positif bagi pemerintah daerah dan masyarakat,” katanya.

Dengan adanya pelatihan tersebut, Mawardi Basyah berharap para remaja masjid di Aceh Barat dapat berkiprah sebagai mujahid dalam mengajak masyarakat cinta terhadap masjid di wilayahnya masing-masing.

Selain itu, dengan adanya kegiatan tersebut, diharapkan dapat meningkatkan persatuan dan kesatuan bangsa di masyarakat, sekaligus mewujudkan rasa cinta kepada Tanah Air.

“Dengan makmur dan indahnya masjid, Aceh Barat akan menjadi kabupaten yang religius, cerdas dan sejahtera,” katanya, menambahkan.

Sebelumnya, Bupati Aceh Barat Haji Ramli MS meminta kepada seluruh remaja masjid di daerahnya agar mampu menjadi garda terdepan dalam menangkal paham-paham radikal yang dapat merusak akidah dan rasa nasionalisme umat Islam.

“Amalkanlah ajaran Islam sejati, yaitu Islam moderat yang mengedepankan kesejukan, perdamaian dan toleransi, namun tetap tegas dalam penegakan syariat Islam,” kata Ramli.

Menurutnya, selain mempelajari ilmu agama, remaja masjid harus juga mendapatkan penguatan pemahaman terhadap nilai-nilai Pancasila, sehingga nantinya diharapkan dapat mewujudkan generasi muda Aceh Barat yang Islami dan Pancasilais.(*)

SHARE :
 
Top