lamurionline.com -- Banda Aceh – Besok, Sabtu (12/11/21), Sekolah Menengah Atas (SMA) Labschool Universitas Syiah Kuala, akan melaksanakan pemilihan ketua OSIS periode 2021-2022.


Ketua OSIS SMA Labschool Unsyiah, Tamam Rizky


Ketua OSIS SMA Labschool Unsyiah, Tamam Rizky kepada lamurionline.com, Jumat (12/11/21) mengatakan, dalam rangka memberikan pendidikan demokrasi melalui pengalaman praktis, maka untuk pemilihan ketua OSIS SMA Labschool periode 2021- 2022 dilakukan dengan sistem pemungutan suara oleh siswa dan siswi serta para guru. 

“Daftar pemilih ada sekitar 430 orang, selain siswa ada juga suara dari dewan guru 40 orang, pemilihan ini sebagai bentuk demokrasi bagi siswa,” sebutnya.

Ia menjelaskan, tahapan-tahapan pemilihan Ketua OSIS dimulai dari pemilihan calon ketua OSIS yang dipilih dari siswa, yang mempunyai kecakapan dan jiwa kepemimpinan.

Saat ini sudah terjaring empat orang calon, masing-masing Bintang Alqarni (XI IPA 3), Abdul Fathir Hidayat (XI IPS), Talha Della Chintia (XI IPA 1) dan Dinda Mutia Rista (XI IPA 1). “Keempat kandidat ini merupakan calon yang akan dipilih satu nanti untuk menjadi ketua OSIS setahun kedepan,” tutur Tamam.

 


Proses pemilihan Ketua OSIS dilaksanakan seperti pemilihan umum (Pemilu). Dimana setiap siswa, wajib memberikan hak pilihnya untuk menentukan siapa yang akan menjadi Ketua OSIS. “Kami apresiasikan semua panitia yang telah menyiapkan tahap demi tahap hingga siap hari pemilihan,” tuturnya.

Tak hanya itu, Tamam juga menyebut jika proses pemilihan berjalan secara demokratis. Dimana setiap calon Ketua OSIS pun diberi kesempatan untuk memaparkan visi dan misinya.

“Ada empat calon yang maju dalam pemilihan ini. Setiap siswa dapat memberikan hak suaranya, mudah-mudahan pencoblosan besok berjalan lancar,” pungkas Tamam Rizky.(Cek Man)

SHARE :
 
Top