lamurionline.com -- Banda Aceh : Pekan Keterampilan dan Seni Pendidikan Agama Islam (Pentas PAI) V Provinsi Aceh resmi ditutup, Jumat, 19 November  2021, malam. Seremonial penutupan dan pengumuman juara berlangsung di Asrama Haji Embarkasi Aceh.

(aceh.kemenag.go.id/Inmas Aceh)


Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Aceh Dr H Iqbal SAg MAg saat menutup kegiatan ini menyampaikan, kompetisi Pentas PAI merupakan ajang dua tahunan Kementerian Agama. Kegiatan ini menurutnya, selain ajang silaturrahmi, juga momen untuk mengembangkan potensi siswa terutama dalam pelajaran PAI.

"Kami mengajak kepada anak- anak kami para siswa-siswi, Pentas PAI yang kita laksanakan kali ini merupakan ajang silaturrahmi di samping untuk mengekspresikan kemampuan, pengetahuan, dan bakat minat dari siswa siswi. Karena itu anak kami yang belum berhasil atau belum mendapatkan juara, jangan putus semangat dan terus memupuk diri dengan wawasan keagamaan yang lebih maksimal," ujar Iqbal.

"Bagi yang mendapat prestasi dalam even ini jangan cepat berpuas diri, terus melakukan upaya-upaya, terus belajar, sehingga pada even yang lain kita masih mendapatkan juara yang sama," katanya lagi.

Ia berharap agenda dua tahunan ini dapat terselenggara pada tahun berikutnya dalam kondisi yang lebih baik tanpa adanya Covid-19.

"Doa kita bersama sehingga pandemi bisa berakhir dan diangkat oleh Allah. Sehingga dengan diangkatnya pandemi Covid-19 ini kita bisa melaksanakan berbagai kegiatan," ungkapnya.

Kementerian Agama, kata Iqbal, akan terus berupaya untuk memaksimalkan pembelajaran PAI di sekolah. Sebab itu, ia juga berharap dukungan dari dinas terkait untuk sama-sama berupaya agar pembelajaran PAI berjalan dengan maksimal.

"Kementerian Agama terutama sekali Kanwil Kemenag Aceh akan terus berupaya mulai dari proses pembelajaran Pendidikan Agama Islam di sekolah-sekolah di kabupaten/kota, berupaya dengan maksimal dengan melakukan berbagai usaha atau kegiatan-kegiatan dan mempersiapkan sarana dan pra sarana bagi guru, lembaga dan siswa-siswa di SD, SMP, SMA dan SMK," ujarnya.

Sementara itu, Kepala Bidang Pendidikan Agama Islam Kanwil Kemenag Aceh Dr Muntasyir SAg MA mengatakan, Pentas PAI V dilaksanakan mulai 16 November 2021 dengan jumlah peserta mencapai 609 siswa jenjang SD, SMP, dan SMA/SMK perwakilan 22 kabupaten/kota di Aceh.  Menurutnya, secara keseluruhan, kegiatan ini berjalan dengan lancar.

"Seluruh rangkaian kegiatan lomba pada Pentas PAI 2021 dari tanggal 16-20 November seluruhnya telah selesai dengan baik tanpa ada kendala," ujarnya.

Sementara itu, Kontingen Kota Lhokseumawe ditetapkan sebagai juara umum Pentas PAI V Provinsi Aceh. Kota berjuluk Petro Dolar itu dinobatkan sebagai juara setelah memperoleh nilai tertinggi, setelah diakumulasikan nilai pada setiap cabang perlombaan. Piala bergilir diserahkan Kakanwil Kemenag Aceh Iqbal dan diterima oleh Kakankemenag Kota Lhokseumawe Drs. H. Boihakki, M.Sos. (Cek Man/Humas Kemenag Aceh)

SHARE :
 
Top