lamurionline.com -- Kota Jantho : Bupati Aceh Besar Ir H Mawardi Ali yang diwakili Sekdakab Aceh Besar Drs Sulaimi MSi bertindak selaku Pembina Apel Peringatan Hari Kesehatan Nasional (HKN) Tahun 2021 di halaman Kantor Bupati Aceh Besar, Senin (15/11/2021). Hadir dalam kesempatan itu, staf ahli Bupati, para Asisten Setdakab, Kepala OPD, camat, kepala dan pegawai Puskesmas se-Aceh Besar, ASN, dan pegawai kontrak jajaran Pemkab Aceh Besar.



Dalam sambutanya Menteri Kesehatan Republik Indonesia Budi G Sadikin yang dibacakan Sekdakab Aceh Besar Drs Sulaimi MSi dikatakan, selama hampir dua tahun, pandemi Covid-19 telah menguji status quo sistem kesehatan kita. Masih segar dalam ingatan, rumah sakit yang penuh dengan pasien, suara sirine ambulans yang terus-menerus berbunyi, susahnya mencari kamar perawatan atau obat bagi orang yang kita kasihi, bahkan tidak sedikit masyarakat, petugas, dan tenaga kesehatan yang gugur, karena Covid-19. “Saya mengucapkan belasungkawa sedalam-dalamnya bagi keluarga yang ditinggalkan,” katanya.

Saat ini, tambahnya, kasus Covid-19 telah menurun drastis, dari puncaknya di bulan Juli 2021 yang mencapai 56.000 kasus per hari, hingga kini berada di kisaran 500 kasus per hari. Keterisian tempat tidur Covid-19 juga kini sangat rendah di kisaran 3%. “Kita patut bersyukur, namun juga tetap waspada. Sebentar lagi kita menyambut libur tahun baru. Ingat, Covid-19 masih ada di tengah kita,” ungkapnya.

Untuk itu, semua pihak diingatkan agar tetap disiplin memakai masker, segeralah divaksin jika belum, gunakan aplikasi PeduliLindungi ketika berada di ruang public dan tetap jalankan testing dan tracing pada orang yang bergejala dan kontak erat.

Sementara itu, Kepala Dinas Kesehatan Aceh Besar Anita SKM MKes menjelaskan, pada puncak peringatan HKN itu, pihaknya juga menggelar pemeriksaan kesehatan secara gratis dan vaksinasi Covid-19, serta Pojok Griya Sehat Dinkes Aceh yang menyediakan berbagai minuman sehat, herbal, serta menyediakan makanan dan buah-buahan segar untuk peserta apel HKN.



Seusai apel HKN, Sekdakab Aceh Besar Drs Sulaimi MSi menyerahkan penghargaan kepada fasilitas kesehatan, puskesmas, dan kecamatan yang meraih capaian vaksinasi Covid-19 tertinggi di Aceh Besar. Masing-masing Klinik Dokkes Polres Aceh Besar, Puskesmas Lhoknga, dan Puskesmas Darul Imarah. Penghargaan serupa juga diberikan kepada Camat Darul Imarah, Camat Indrapuri, dan Seulimuem.

Selain itu, Sekdakab Aceh Besar juga menyerahkan penghargaan kepada keluarga pejuang garda terdepan Covid-19 yang meninggal, di antaranya kepada keluarga almarhum mantan Sekdakab Aceh Besar Drs Iskandar MSi, almarhum dr Rusdi SpB, dan almarhumah Restu Permata Sari SKep.(Cek Man/Rezha/Rel)

 

SHARE :
 
Top