LAMURIONLINE.COM | ACEH BESAR - Rita Musfirah Terpilih Sebagai Ketua Organisasi Siswa Intra Sekolah (OSIS) SMAN 1 Sukamakmur Aceh Besar dalam Pemilihan Ketua Osis (Pilketos) Berbasis Digital Tahun 2021.

Pemilihan OSIS yang berlangsung di SMAN 1 Sukamakmur Kabupaten Aceh Besar, Sabtu (13/11) diikuti oleh 5 kontestan yaitu Nurjannah Kelas X-IPS1, Mutia Kartika Kelas X-IA1, Riska Aulia Putri kelas XI-IA1, Amalia Suhana Kalas ( XI-IA1) dan Rita Musfirah kelas (X-IA1).

Hasil rekap voting digital yang dilakukan oleh Komisi Pemilihan Osis (KPO) SMAN 1 Sukamamur yang diketuai oleh Zahratul Baida yang juga merupakan Pj Ketua OSIS Tahun 2020-2021 memutuskan Rita Musfirah mendapat jumlah suara terbanyak yaitu 49,7%, dikuti oleh Rizka Aulia 24,8%, lalu Nur Jannah 14%, masing-masing Amalia Suhana dan Mutia Kartika sebanyak 6% dan 4 %.

Menurut pengamatan di lokasi kegiatan, pemilihan osis berbasis digital ini mendapat atusiasme yang positif dari para pemilih yang terdiri dari para siswa, guru, staf tata usaha dan seluruh warga SMAN 1 Sukamakmur yang berhadir saat pemilihan berlangsung. 

Zahratul Ulya, siswa kelas XII-IA1 salah seorang anggota KPO SMAN 1 Sukamakmur tahun 2021 mengatakan bahwa para kontestan yang mendaftar menjadi calon ketua OSIS SMAN 1 Sukamakmur untuk masa kepengurusan 2021-2022 sebanyak 10 orang siswa, namun sebagian mengundurkan diri dalam proses seleksi dan beberapa juga gagal dalam proses wawancara hingga tertinggal 5 orang kontestan yang bisa melaju ketahapan untuk dapat dipilih melalui pemungutan suara digital. 

Ia menambahkan bahwa pihaknya memilih pemilihan berbasis digital untuk menyesuaikan dengan pekembangan laju tehnologi dewasa ini dan juga agar perhitungan dapat dilakukan dengan cepat, realtime dan dapat dipantau oleh siapa saja melalui perangkat handphone dan komputer yang terkoneksi dengan internet. 



Kondisi pandemic Covid -19 juga menjadi pertimbangan pihaknya agar sebisa mungkin menghindari terjadinya pengumpulan siswa. 

Lebih lanjut dirinya juga menyampaikan bahwa panitia Pilketos telah memfasilitasi para peserta melakukan kampanye virtual via youtube dan mengikuti latihan dasar kepemimpinan sebelum semua kontestan melaju menjadi bakal calon (Balon) ketua OSIS untuk priode 2020-2021.

Pada kesempatan yang sama Kepala SMAN 1 Sukamakmur melalui Wakil Kepala Bagian Hubungan Masyarakat (Humas), Khairul Zami SPd MPd, kepada Lamurionline.com menyampaikan pihaknya sangat mendukung kreatifitas dan inovasi para siswanya dalam berkolaborasi belajar berdemokrasi dengan menyesuaikan dengan perkembangan IPTEK. 

Ia berharap para siswa dapat terus meningkatkan kemampuan berliterasi digitalnya sehingga tidak ketinggal oleh perkembangan zaman yang berlangsung begitu cepat dewasa ini.

Lebih lanjut, wakil HUMAS SMAN 1 Sukamakmur yang juga salah seorang calon guru penggerak angkatan IV Aceh Besar tahun 2021 ini berharap momen pemilihan OSIS ini menjadi ajang melatih kepemimpinan siswa sehingga nantinya akan lahir calon-calon pemimpin bangsa yang akan meneruskan estafet kepemimpinan yang ada saat ini pungkas nya. Semoga. (rel)

SHARE :
 
Top